KOREM 042 GARUDA PUTIH – Kebutuhan Pangan dan tanaman holtikultura merupakan hal utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidak stabilan ekonomi. Karena itu, pangan mempunyai peran sangat penting untuk kehidupan suatu bangsa.

Seperti diketahui, tanaman pangan khususnya sayuran bagi manusia tetap harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta sangat diperlukan oleh tubuh. Termasuk masyarakat urban perkotaan yang pas – pasan penghasilan kehidupannya akan lebih baik sehat dan ekonomis setiap hari mengkonsumsi sayuran segar sebagai komponen menu makanan.

Populer:  Satgas TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Bekerja Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Dengan demikian dapat diketahui bahwa sayuran diperlukan secara universal bagi kehidupan dan kesehatan manusia dan kecukupan pangan di pedesaan dengan biaya yang lebih murah.

Karena pentingnya Holtikultura, Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan Hanpangan (Ketahanan Pangan), terutama yang bersumber dari peningkatan produksi dalam negeri untuk memenuhi kecukupan konsumsi maupun stok secara nasional.

Untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pangan saat pandemi COVID-19, Kodim 0419/Tanjab menggelar Pilot Project (Demlot) tanam holtikultura berupa cabe rawit, cabe merah, tanaman kacang panjang, pare, timun dan suri, seluas 1 ha (hektar) bersama bapak Sunaryo dusun Gunung Mas, Desa Lubuk Terentang Kec. Betara, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi, Selasa (2/6/2020).

Populer:  Bupati Tanjabtim Berharap Jalinan Sinergitas Tetap Terjaga Walau TMMD 108 Telah Selesai

Penanaman Holtikultura ini merupakan program Kodim untuk mendukung Pemda (Pemerintah Daerah) guna memperkuat ketahanan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto melalui Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf Rohandi mengatakan, program Demplot Pilot Project ini juga dilakukan demi mendukung Pemerintah daerah dalam mengantisipasi kelangkaan bahan pangan.

“Hal ini kita lakukan demi mencegah terjadinya kelangkaan bahan pangan di wilayah teritorial kita. Terutama saat-saat pandemi wabah COVID-19 seperti yang terjadi saat ini,”ujar Rohandi

Populer:  Pra TMMD ke-108 Kodim Tanjab Sasar Buka Akses Jalan Sepanjang 10.695 Meter

Dikatakannya, kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama dengan instansi terkait di Kabupaten Tanjab Barat, Jambi.

“Kita bekerja sama dengan Holtikultura dan Sandang Pangan Kabupaten Tanjab Barat. Dengan ini bisa mengantisipasi dampak COVID-19 terhadap ketersedian bahan pangan,”katanya.

Rohandi juga mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok berbagai tanaman guna menopang ketersediaan bahan pokok selama masa pandemi wabah COVID-19. (Penremgapu)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *