Home / Yonif 142

Minggu, 19 Januari 2020 - 04:35 WIB

Tingkatkan Inovasi Ekonomi Warga, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Olah Singkong Jadi Combro

Belu, korem042gapu.mil.id – Bentuk kedekatan TNI bersama rakyat dibuktikan Pos Turiscain Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ dalam mengajarkan warga masyarakat tentang bagaimana cara mengolahan bahan pangan singkong menjadi salah satu varian makanan yang sangat di sukai di kalangan anak muda Indonesia “Combro”.

Kegiatan pengolahan ubi singkong ini bertempat di rumah Bapak Manuel Baros (54) yang berada di Dusun Fohumaik Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Serda Havid selaku Wadanpos Turiscain bersama 3 orang personel Pos Turiscain lainnya “ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Minggu (18/1/2020).

“Selain memberikan pengetahuan kepada keluarga Bapak Manuel Baros (54) tentang pengolahan makanan berbahan baku singkong menjadi Combro, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat setempat dengan memanfaatkan hasil tanam singkong yang berasal dari kebun milik sendiri, Combro diharapkan dapat menjadi jalah satu menu makanan yang hadir setiap harinya di rumah warga masyarakat sehingga dapat meminimalisir pengeluaran biaya hidup,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

“Bukti kepedulian Pos Turiscain ini menggambarkan kedekatan personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dengan warga masyarakat di wilayah penugasan, sehingga diharapkan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat,” tegasnya.

Bertempat di kediamannya, Bapak Manuel Baros (54) beserta keluarganya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada personel Pos Turiscain yang selalu memberikan pengetahuan baru melalui ide-ide kreatif, demi kemajuan warga masyarakat di sekelilingnya.

“Kehadiran bapak-bapak TNI sangat membantu warga masyarakat di sini, dan mereka selalu peduli dengan lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Sementara itu, Anton (16) merupakan putra sulung Bapak Manuel Baros menyampaikan ucapan terima kasih atas ide kreatif yang telah dipaksanakan oleh personel Pos Turiscain.

“Terima kasih banyak Bapak Malai (artinya Tentara dalam bahasa Tetun) sudah memberikan pengetahuan baru kepada kami,” ungkapnya.

Terpisah, Serda Havid selaku Wadanpos Turiscain mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap warga masyarakat di Desa Maumutin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan meminimalisir pengeluaran mereka, kegiatan ini juga merupakan salah satu tanggung jawab Pos Turiscain yang berada ditengah-tengah lingkungan masyarakat Desa Maumutin sehingga kami harus selalu siap untuk membantu warga masyarakat dengan selalu memberikan pengetahuan baru demi kemajuan masyarakat di wilayah perbatasan,” ucapnya.

“Ide-ide kreatif yang kami berikan kepada warga masyarakat adalah bukti kedekatan Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dengan masyarakat Desa Maumutin, kegiatan ini adalah contoh kecil wujud pengabdian TNI di medan penugasan sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah perbatasan RI-RDTL, Rakyat merupakan ibu kandung TNI,” tambahnya.

“Tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat di wilayah perbatasan, tetapi kami juga berkewajiban untuk selalu peduli terhadap kondisi sosial masyarakat Desa Maumutin,” tandasnya. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Sigap Cegah Kecelakaan, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersama Warga Bersihkan Pohon Tumbang di Jalan Utama Lintas Batas

Yonif 142

Sambut Natal, Personel Satgas Yonif R 142/KJ, Ajak Anak – Anak Buat Pohon Natal

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Bersama Wabup Belu dan Warga Tanam 2000 Pohon Pinang di Desa Umaklaran

Yonif 142

Pererat Hubungan Dengan Tokoh Agama, Pos Motaain Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Silaturahmi Dengan Ketua KUA Atambua

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Menyentuh Pendidikan

Yonif 142

Yonif Raider 142/Ksatria Jaya Jaga Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur

Berita Satuan

Dandenpom Jambi Beri Pembekalan Tentang Hukum Militer Kepada Personel Satgas Pamtas Yonif R 142 / KJ

Yonif 142

Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Kenalkan Sejarah “PETA” Kepada Anak – anak Perbatasan