Home / Berita Korem

Senin, 20 Januari 2020 - 07:35 WIB

Danrem 042/Gapu Hadiri Apel Kesiapsiagaan Gabungan TNI-POLRI Dan Unsur Terkait Lainnya Antisipasi Bencana Hidrometereologi di Wilayah Jambi

Jambi, korem042gapu.mil.id – Dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di bumi sepucuk Jambi sembilan lurah, digelar apel siaga Bencana Hidrometeorologi (banjir, longsor dan angin puting beliung) dilapangan Kantor Gubernur Jambi, Senin (20/1/2020) .

Apel siaga dipimpin oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar dan dihadiri oleh Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, M.Sc, S.S bersama Wakapolda Jambi, Ketua DPRD Prov Jambi, Kajati Jambi, Kepala BPBD Prov Jambi, Kepala Basarnas Prov Jambi, Dandim 0415/Batanghari, dan Kapolresta Jambi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jambi berharap kepada petugas dapat menjalankan tugas dengan baik. “Ini merupakan wujud perhatian serius pemprov Jambi dalam antisipasi bencana hidrometereologi dan kepada petugas yang terdiri dari Polda,TNI, BPBD, Basarnas, ASN dapat menjalankan tugas dengan baik, masyarakat yang sangat memerlukan, oleh karena itu mudah-mudahan provinsi Jambi lebih baik lagi,“ sebut Gubernur.

Lebih lanjut disampaikan, melalui kesiapsiagaan dan peringatan dini yang dikoordinasikan, satgas bencana dapat bekerja dengan baik efektif dan efisien sehingga terwujud keselamatan masyarakat.

Baca juga :  TNI dan Polri Jamin Keamanan Pemilu di Propinsi Jambi

“Dapat juga disampaikan bahwa pemerintah provinsi Jambi akan menetapkan status siaga darurat bencana dan mengaktifkan pos komando penanganan darurat bencana provinsi sebagai salah satu bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan bencana, “terangnya.

Dalam kesempatan ini, Fachrori Umar didampingi unsur Forkopimda melakukan pengecekan kesiapan pasukan dan perlengkapan siaga bencana berupa perahu karet, ambulan dan lainnya yang dilanjutkan dengan penyematan ban siaga bencana kepada 5 perwakilan pasukan.

Adapun Personil yang dilibatkan dalam siaga terdiri dari Unsur TNI, Polri, Basarnas, BPBD Provinsi/Kab/Kota, Damkar, PMI Provinsi, OPD Pemda yg terkait dan Pramuka $serta mengerahkan semua sarana dan prasana yang dimiliki masing-masing stekholder, ujarnya.

Pada bagian lain, Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta mengatakan bahwa, Apel digelar guna mengantisipasi bencana Hidrometeorologi berupa Banjir, Banjir Bandang, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung serta mengecek kesiapan Personil maupun materiil yang ada. Dimana Provinsi Jambi merupakan wilayah yang memiliki tingkat bahaya, kerentanan, dan risiko bencana yang cukup tinggi, ucapnya.

Baca juga :  Rutin Bina Fisik, Prajurit Korem 042/Gapu Laksanakan Lari Aerobik

“Dalam mengatasi permasalahan yang diakibatkan oleh bencana, perlu dukungan dan partisipasi semua pihak terkait dan bukan hanya tanggung jawab Pemda melalui badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) semata”, kata Hatta.

Hatta juga menegaskan bahwa, Korem 042/Gapu siap membantu pemerintah daerah, baik provinsi maupun Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi dalam mencegah dan menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi.

“Di samping merupakan amanah dari UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya Bab IV Pasal 7 tentang Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), juga sebagai bentuk kepedulian Korem 042/Gapu dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang terkena musibah,” tandasnya

Usai melaksanakan Apel Siaga, para pejabat tersebut meninjau Dedit Air Sungai Batanghari dengan menggunakan Perahu Amphibi milik BPBD Prov Jambi.(penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Peran Strategis Pemuda Menjaga Nilai Pluralisme Dalam Bingkai Kebhinekaan

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Bersama Kapolda Jambi Tinjau Pos PAM Pemilu 2019

Bakti TNI

Korem 042/Gapu Bantu Pembangunan Gereja di Tanjabtim

Berita Korem

Latihan Aerobik Tingkatkan Stamina dan Kebugaran Anggota Korem 042/ Gapu

Berita Korem

TNI dan Polri Jamin Keamanan Pemilu di Propinsi Jambi

Berita Korem

Peringati Hari Pahlawan, Satgas Yonif R 142/KJ Sambangi Veteran Di Perbatasan

Berita Korem

Korem 042/Gapu Seleksi Calon Prajurit yang memiliki Jasmani yang Prima dan Trengginas

Berita Korem

Wujudkan Kemanunggalan, Babinsa Bahar Mulya Bantu Cor Teras Masjid