Home / Yonif 142

Selasa, 11 Februari 2020 - 09:18 WIB

Bekali Disiplin, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Latih Siswa SMP Negeri Satu Atap Kewar Baris Berbaris

Belu, korem042gapu.mil.id – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pelatihan tentang peraturan baris-berbaris (PBB) kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Kewar yang berada di Desa Kewar Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan pembekalan pelatihan baris-berbaris tersebut dipimpin langsung oleh Serda Artison selaku Wadanpos Kewar bersama 5 orang personel Pos Kewar lainnya,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Selasa (11/2/2020).

Materi pelatihan dalam baris berbaris yang mereka berikan berupa sikap sempurna, jalan ditempat, sikap istirahat hingga cara penghormatan.

“Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tentang baris- berbaris, tetapi mereka juga memberikan ilmu pengetahuan tentang tata urut pelaksanaan upacara antara lain urut-urutan upacara, susunan petugas upacara hingga tugas masing-masing petugas upacara,” jelas Ikhsanudin.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dalam membantu pihak sekolah guna meningkatkan disiplin pelajar, keberanian, meningkatkan karakter Kebangsaan, jiwa Nasonalisme serta menumbuhkan jiwa loyalitas terhadap sesama pelajar dan guru.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif yang positif dari personel kami yang berada di pos-pos perbatasan, sehingga dalam pelaksaannya diharapkan ada keseragaman ditiap-tiap sekolah yang berda di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” imbuh Ikhsanudin.

Baca juga :  HUT Yonif Raider 142/KJ, Kapolda Jambi Beri Kejutan

“Kegiatan ini juga mengandung nilai-nilai kepemimpin, mengasah keberanian pelajar untuk tampil, serta akan menumbuhkan kerja sama diantara siswa-siswi,” tambah Ikhsanudin.

Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, upacara bendera Merah Putih dilaksanakan setiap hari Senin oleh para siswa-siswi dan tenaga pendidik disetiap lembaga pendidikan, diharapkan dengan kegiatan seperti ini akan timbul adanya keseragaman dalam pelaksaan upacara diantara lembaga pendidikan yang ada di wilayah perbatasan.

Meskipun dilaksanakan di lapangan yang sangat sempit dan dibawah terik matahari, tetapi siswa-siswi terlihat antusias dan penuh semangat yang digambarkan dari raut wajah para siswa-siswi tersebut.

“Saya selalu berpesan kepada setiap personel kami yang tersebar di sepanjang garis perbatasan sektor timur Indonesia – Timor Leste, agar kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat serta pengaruh positif kepada warga di sekelilingnya,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

Terpisah, Bapak Tino Kardoso, S.Pd (35) selaku Wakil Kepala Sekolah SPMN Satu Atap Kewar menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personel Pos Kewar.

Baca juga :  Reaksi Cepat Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, Bantu Pam Penanganan Tumbangnya Tiang Listrik Akibat Bencana

“Saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang telah diberikan berupa pemberian ilmu pengetahuan tentang peraturan baris-berbaris dan tata cara pelaksanaan upacara bendera di sekolah ini, kami juga merasa bangga karena bapak TNI selalu membantu kesulitan warga masyarakat di sini,” ungkap Bapak Tino Kardoso, S.Pd.

“Semoga seluruh bapak TNI yang sedang melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat membantu kesulitan warga di tapal batas dan kembali dengan selamat sehingga dapat berkumpul dengan keluarga kembali,” tambah Bapak Tino Kardoso, S.Pd.

Sementara itu, Sertu Riaddus Solihin selaku Danpos Kewar menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting diberikan kepada para siswa-siswi di sekolah, khususnya di wilayah perbatasan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kami waktu dan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan ini,” tandas Sertu Riaddus Solihin.

“Selain menjaga keamanan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial, salah satunya berupa membatu keluhan masyarakat di perbatasan, guna memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat,” ungkap Sertu Riaddus Solihin. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Cegah Longsor, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Tanam Pohon Bersama Orang Muda Katolik Belu

Yonif 142

Cegah Longsor, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Tanam 500 Pohon di Desa Nanaenoe

Yonif 142

Mendukung pendidikan, Pos Kewar Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bantu Program Mengajar PAUD

Yonif 142

Tim Kesehatan TNI Bekali Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ

Berita Satuan

Dandenpom Jambi Beri Pembekalan Tentang Hukum Militer Kepada Personel Satgas Pamtas Yonif R 142 / KJ

Yonif 142

Jelang HUT ke 67, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Gelar Baksos di Perbatasan RI – RDTL

Yonif 142

Satgas Yonif R 142/KJ Ajak Anak – anak Sekolah Dasar Di Perbatasan Manfaatkan Limbah Kardus Menjadi Hasil karya Seni

Yonif 142

Atasi Kesulitan Warga, Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Bantu Perbaiki Dapur