by

Antisipasi Karhutla, Dandim Tanjab Fokus Meninjau Lahan Rawan Kebakaran

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letnan Kolonel Inf Erwan Susanto beri penekanan ulang mengenai antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) setiap berkunjung ke seluruh wilayah Koramil jajaran Kodim 0419/Tanjab. Kali ini Dandim berkunjung ke wilayah Koramil 01/Muara Sabak dalam rangka membahas Antisipasi Karhutla khususnya di wilayah Teritorial Kodim 0419/Tanjab, Rabu (4/3/2020) siang.

Diwilayah Teritorial Koramil 01/Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Dandim sempat meninjau lokasi Lahan Rawan Kebakaran, Mengecek Embung air dan Sekat sekat Kanal di Perkebunan Sawit PT ATGA serta berkoordinasi dengan pihak Perusahaan dan unsur Forkopimcam Dendang dan mengecek Lahan Perkebunan Masyarakat di Desa Kota Kandis Dendang Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjab Timur.

Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto didampingi Danramil Sabak Kapten Inf Taufik saat meninjau lokasi tersebut mengatakan bahwa begitu pentingnya peran masyarakat dalam mencegah dan meminimalisir terjadinya Karhutla yang hingga saat ini masih menjadi pokok permasalahan di seluruh wilayah Tanah Air Indonesia.

Baca juga :  Tekan Covid-19, TNI - POLRI Bersama Pemkab Tanjab Barat Seprotkan Disinfektan Disejumlah Ruas Jalan Utama Kota Kuala Tungkal

“Kesadaran masyarakat menjadi salah satu kunci untuk mencegah terjadinya Kebakaran hutan dan lahan, terutama yang tinggal di sekitar daerah perkebunan dan hutan. Masih banyak dari masyarakat kita yang masih menggunakan cara-cara primitif dalam bercocok tanam, khususnya saat membuka lahan untuk digarap menjadi areal bercocok tanam guna menambah penghasilan dengan cara melakukan pembakaran terhadap semak-semak yang akan dibersihkan,” papar Dandim.

Lanjutnya, TNI dalam hal ini Koramil jajaran melalui Babinsa yang tersebar di setiap desa bersama pihak Bhabinkamtibmas serta pihak perusahaan dan tokoh masyarakat dapat menjadi alat kontrol dan penyambung informasi kepada masyarakatnya tentang upaya mencegah terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing. Apakah itu berupa sosialisasi dengan melibatkan instansi terkait, maupun melalui Komunikasi Sosial (Komsos) yang setiap harinya dilakukan oleh Babinsa pada saat turun ke Desa Binaan.

“Hal ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat, karena fungsi hutan dan lahan adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan menjaga dan meningkatkan kepedulian terhadap Hutan dan Lahan disekitar wilayah masing-masing, dapat mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor yang akan membawa dampak terhadap masyarakat dan juga ekosistem yang berada disekitarnya,” terangnya lagi.

Baca juga :  Kodim Tanjab Bersihkan Tempat Ibadah Dalam Rangka Hari Juang TNI AD

Kepada para Danramil jajaran, agar tak bosan menggandeng Instansi terkait untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tentang Antisipasi Karhutla kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing.

“Dan ditekankan juga kepada setiap Babinsa agar melakukan kontrol, baik itu dengan patroli wilayah maupun melalui Komsos dengan warga binaan,” tegas Dandim.

Nampak hadir saat mendampingi kunjungan Dandim, Pabung Dim Mayor Inf Marlianus Pasae, Danramil 419-01/Muara Sabak Kapten Inf Ahmad Taufik, Wakapolsek Dendang Aiptu S. Lubis, Camat Dendang diwakili Kasi Trantib Bapak Irpiansyah serta para Babinsa jajaran Kec. Dendang, Sekdes Desa Kota Kandis Dendang BPK Husaini, MPA Kec. Dendang, Personel Damkar PT ATGA. (penremgapu)

Comment

Berita Terkait