oleh

Antisipasi Karhutla di Tanjab Timur, Dandim Ajak Warga untuk “Mewujudkan Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung Tanpa Kabut Asap”

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P hadiri Rapat koordinasi forum komunikasi Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan Kab Tanjab Timur, dan Penandatanganan komitmen bersama terkait Karhutla bertempat di Aula Kantor Bupati Tanjab Timur Kel. Rano, Kec. Muara Sabak Barat, Kab. Tanjab Timur., Senin (9/3/2020).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Tanjab Timur H. Roby Nahliyansyah, SH dan didampingi oleh Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf. Erwan Susanto, S.I.P, Kapolres Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah, SH. SIK, Ketua DPRD Kab. Tanjab Timur Mahruf, SE, Kajari Tanjab Timur : Dr. M. Irfan Jaya, SH, MH.

Wakil Bupati Tanjab Timur H. Roby Nahliyansyah dalam Sambutannya mengatakan bahwa Rapat koordinasi forum komunikasi tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dan pencegahan karhutla tahun 2020 yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk menciptakan suatu kesamaan langkah dalam upaya menciptakan kebersamaan untuk membangun kabupaten Tanjung Jabung Timur menuju arah yang lebih baik.

Pokok bahasan pada rapat koordinasi ini tertuju pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di kab Tanjab Timur pada tahun 2020 yang diharapakan dapat kita lakukan secara terpadu baik unsur pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, ujarnya.

Mengingat luas kebakaran hutan dan lahan tahun 2019 yang tercatat di BPBD Kab Tanjab Timur 5.151 hektar merupakan lahan areal penggunaan lain (HPL) dengan jumlah Hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 50 %, maka pada kesempatan ini saya menegaskan kepada seluruh perusahaan yang memiliki konsensi pengelolaan lahan wilayah kerja usaha di Kab. Timur agar di Tahun 2020 ini tidak terulang kembali, ucapnya.

Sementara itu Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto menyampaikan bahwa Visi Kodim 0419/Tanjab yakni “Mewujudkan bumi sepucuk Nipah serumpun Nibung Tanpa Kabut Asap”, dimana Tugas Satgas pencegahan dan pengendalian Karhutla adalah memantau Hotspot dan titik api, mengupayakan pemadaman dini, melakukan Patroli rutin, melaksanakan Sosialisasi pecegahan Karhutla, Penegakan Hukum terhadap pelaku karhutla, inspeksi dan monitoring terhadap perusahaan perkebunan dan kehutanan, Mengkoordinasikan pelaksanaan pencegahan Karhutla secara terencana, terpadu dan menyeluruh serta melaporkan seluruh kegiatan pencegahân dan pengendalian kebakaran hutan kepada Danrem 042/Gapu secara berkala dan secara rutin.

Adapun konsep pencegahan Karhutla adalah Mencegah lebih baik dari pada memadamkan, Mekanisasi pembukaan lahan tanpa bakar dengan biaya murah dan efisien, Optimalisasi Drone dalam rangka pemantauan hot spot secara luas, akurat dan daya jelajah yg tinggi untuk operasional satgas, Perlu alokasi anggaran untuk kegiatan pencegahan, Pemberdayaan Sosial Ekonomi masyarakat di daerah rawan Karhutla.

Serta Optimalisasi DESTANA (Desa Tanggap Bencana), Reward and Punishment dan Minimalisir Bank Spot Area, tegas Dandim.

Pada rapat tersebut dilakukan pula Penandatanganan Komitmen bersama terkait Karhutla yang berisi tentang pernyataan bersama untuk Tidak melakukan pembakaran dalam pembersihan lahan ( Land Clearing) dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan di lapangan.

Menyiapkan dan melengkapi personil regu pemadam kebakaran lahan beserta sarana dan prasarana pengendalian kebakaran sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku.

Melaksanakan sosialisasi , pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerja usaha dan masyarakat sekitar.

Melaporkan setiap kondisi / keadaan lahan pada wilayah kerja usaha dan lahan masyarakat sekitar setiap hari ke pusat data badan penanggulangn bencana Daerah Tanjab Timur.

Bekerja sama dengan Pemda, TNI, Polri dan unsur penegak hukum Kab.Tanjab Timur dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Terakhir Membantu pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan khususnya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Nampak hadir pada rapat tersebut Pabung 0419/Tanjab Mayor Inf. Marlianus Pasae, Kasi Pidum Kejari Tanjab Timur Harry Royon Poltak. SH. M.H, Kepala BPBD Kab. Tanjab Timur Jakfar, Staf Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Prov. Jambi Kurnianingsih Staf Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Prov. Jambi M. Izzudin, Para Kepala OPD Kab. Tanjab Timur, Para Camat se Kab. Tanjab Timur serta Perwakilan Perusahaan wilayah Kab. Tanjab Timur. (penremgapu)

Komentar

Berita Terkait