by

Apel Danramil dan Babinsa Sebagai Sarana Penyampaian Kebijakan Pimpinan TNI AD yang Berkaitan Dengan Binter

JAMBI.korem042gapu.mil.id – Kodim 0416/Bute menggelar apel Danramil dan Babinsa Tersebar tahun 2019 yang bertempat di Aula Makodim 0416/Bute  Jl. Perwira, nomor 1, Kelurahan Bungo Barat, Kecamatan Pasar Bungo, Kamis (12/12/2019).

Kegiatan diikuti seluruh Danramil dan Babinsa Kodim 0416/Bute dengan mengambil tema “Danramil dan Babinsa Profesional Kebanggan Rakyat”.

Komandan Kodim 0416/Bute Letkol Inf Widi Rahman, S.H,. M.Si mengatakan, dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai salah satu dari sasaran pelaksanaan Binter, maka kegiatan Binter yang dilakukan oleh TNI AD secara umum telah dapat berfungsi sebagai alat perekat atau pemersatu bagi hubungan antara TNI AD dengan masyarakat serta komponen bangsa lainnya.

Melalui berbagai kegiatan Binter yang dilakukan TNI AD, diharapkan dapat menemalisir permasalahan-permasalahan yang timbul di masyarakat, sehingga dapat tercipta kondisi wilayah yang lebih kondusif bagi berlangsungnya pembangunan.

Baca juga :  Dandim 0416 Bute, Tinjau Sasaran Lokasi Rencana TMMD di Desa Tanjung Agung

“Untuk dapat tercapainya kondisi seperti ini maka Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak atau unsur terdepan pelaksana Binter yang bersentuhan langsung dengan rakyat, tidak hanya bisa mempertahankan tertapi juga harus dapat lebih meningkatkan terciptanya kemanunggalan TNI–Rakyat dapat diwujudkan,” ujarnya.

Menurut Widi, terciptanya Kemanunggalan ini sangat penting, karena merupakan kekuatan yang potensial guna mewujudkan Pertahanan Negara yang tangguh. Agar kegiatan Binter dapat berjalan secara efektif di jajaran Kowil tingkat Kecamatan dan desa, maka diperlukan program Apel Danramil dan Babinsa tersebar Tahun 2019.

Hal tersebut sebagai sarana untuk menyampaikan kebijakan pimpinan TNI AD yang berkaitan dengan Binter serta berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan teritorial yang melibatkan peran serta para Danramil dan Babinsa TNI AD dalam mengimplementasikan kegiatan Binter di lapangan.

Baca juga :  Kebersamaan Anggota Satgas dan Orang Tua Asuh, Bukti TMMD di Sungai Binjai Diterima Warga

“Harapan kami dengan dilaksanakannya program ini, peran Danramil dan Babinsa dalam pelaksanaan tugasnya memiliki kemampuan yang dilandasi dengan mental yang tangguh dan motivasi yang tinggi dengan meningkatkan wawasan pengetahuan maupun meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” harapnya.

“Selain itu juga dapat menciptakan iklim yang aman dan tertib dalam pergaulan masyarakat serta menimbulkan semangat dan kesediaan rakyat untuk mewujudkan keamanan diwilayahnya. Sehingga dengan cara ini akan muncul pada masyarakat perasaan bebas dari rasa takut dan bahaya,” ucap Widi.(bute/penremgapu)

Comment

Berita Terkait