oleh

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0415/Batanghari Gelar Latnister

-Kodim 0415-387 views

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik bagi satuan kewilayahan dalam pelaksanaan tugas-tugas kewilayahan, Kodim 0415/Batanghari menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) yang merupakan kegiatan program yang harus dilaksanakan Satuan Kodim dalam setiap tahunnya.

Latnister Kodim 0415/Batanghari, yang bertempat di Aula Sultan Thaha Makodim dibuka langsung oleh Komandan Kodim Kolonel Inf J. Hadiyanto, Rabu (10/3/2020). Kegiatan ini diikuti oleh Danramil, Perwira Staf dan seluruh Prajurit Kodim 0415/Batanghari.

Di kesempatan ini Dandim Kolonel J. Hadiyanto menekankan kepada seluruh peserta kegiatan Latnister agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Dandim berharap adanya latihan Latnister ini dapat memberikan wawasan kepada prajurit agar dapat memahami dan mampu menerapkan sikap dan perilaku sebagai aparat Komando Kewilayahan baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan.

“Sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) Anggota Kodim 0415/Batanghari harus mampu melaksanakan tugas-tugas Pembinaan Teritorial (Binter) dengan baik, serta harus dapat memahami dan mampu menerapkan sikap dan perilaku sebagai aparat teritorial,” kata Dandim.

Lebih lanjut Dandim juga menjelaskan tentang mekanisme latihan Latnister yang akan dilaksanakan oleh seluruh peserta Latnister Jajaran Kodim 0415/Batanghari.

“Mekanisme latihan dilaksanakan selama lima hari dengan tiga tahap yaitu tahap pertama seluruh peserta latihan diberikan pembekalan secara teori, yang ke dua paraktik Parsiil selanjutnya langsung praktik di lapangan, guna memantapkan tugas aparat Komando Kewilayahan di tengah- tengah masyarakat atau di wilayah tugasnya,” tandas orang nomor satu di Kodim 0415/Batanghari.

Terpisah, Mayor Arm Joneimer, S.H selaku Komandan Latihan mengatakan bahwa latihan Tehnis Teritorial yang telah diprogramkan oleh TNI AD dan Kodam II/Swj, dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan tehnis teritorial perorangan dan satuan jajaran Kodim 0415/Batanghari agar mampu mengaplikasikan pelaksanaan tugas di lapangan, dengan sasaran agar terpelihara dan meningkatnya kemampuan tehnis teritorial perorangan dan satuan.

Materi yang dilatihkan dan dikembangkan, diantaranya 5 (lima) mereka Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Bhakti TNI dan Binwanwil serta diskusi tentang kemampuan mengaplikasikan Sikap Teritorial dan metode Binter dalam pelaksanaan tugas dilapangan sesuai permasalahan yang timbul di daerah masing – masing serta kemampuan pengembangan 5 Kemampuan Ter dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan, pungkas Joneimer. (penremgapu)

Komentar

Berita Terkait