Dandim 0420/Sarko : Masyarakat Masih Banyak Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan Jaga Sinergitas TNI – Polri Gowes Bersama Menyapa Warga Danrem Gapu Hadiri Penandatangan Pakta Integritas dan Gakkum Penerapan Prokes Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jambi Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai

Home / MABES TNI

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:00 WIB

Aspers Panglima TNI : Bintal TNI Wujudkan Prajurit TNI Bermental Tangguh

JAKARTA, korem042gapu.mil.id – Peran Pembinaan Bintal (Bintal) TNI dalam tugas pokok TNI salah satunya adalah penyiapan prajurit TNI yang memiliki mental yang tangguh, menjunjung tinggi nilai-nilai ketakwaan, memiliki rasa nasionalisme dan militansi yang tinggi serta sehat secara fisik, sehingga selalu siap melaksanakan tugas mengawal dan menjaga keutuhan NKRI secara profesional.

Hal tersebut disampaikan Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI, Marsda TNI Diyah Yudanardi saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Pembinaan Mental (Rakornis Bintal) TNI tahun 2020, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/2/2020).

Aspers Panglima TNI menyampaikan bahwa peran Bintal sangat menentukan karena urgensi pembinaan mental bagi prajurit TNI merupakan keniscayaan yang tidak dapat ditawar lagi. Menurutnya, mental merupakan motor penggerak sikap dan perilaku prajurit, jika mentalnya baik maka baik pula kepribadiannya, sebaliknya bila mentalnya rusak, maka sikap dan perilakunya pun jelek.

Baca juga :  Jajaran Penerangan TNI Terdepan Dalam Publikasi Kegiatan

Diharapkan kepada para peserta Rakornis Bintal TNI dan pengemban fungsi Bintal di jajaran TNI untuk lebih mengoptimalkan pembinaan mental bagi prajurit TNI di satuannya secara kreatif dan inovatif, diantaranya dengan mempertajam materi-materi pembinaan mental dan mengedepankan pemahaman tentang jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara professional, sehingga semakin lengkaplah pemahaman prajurit sebagai bekal dalam menghadapi dinamika tugas yang semakin kompleks.

Rakornis Bintal TNI ini merupakan sarana untuk mengevaluasi program kerja yang telah berjalan dan sebagai forum komunikasi timbal balik serta koordinasi antar pembina fungsi teknis kebintalan dengan para pejabat Bintal satuan, sehingga dengan Rakornis ini diharapkan terjadi adanya kesamaan pandangan serta upaya dalam mencari solusi permasalahan yang dihadapi prajurit beserta keluarganya dalam perspektif pembinaan mental.

Baca juga :  Panglima TNI Tinjau Pulau Galang di Batam

Selain itu, Rakornis Bintal TNI tahun 2020 ini juga dapat dijadikan momentum yang berharga untuk mawas diri dan upaya pembenahan serta peningkatan kualitas pengabdian para pengemban fungsi Bintal di jajaran TNI, sehingga setiap saat dapat memberikan masukan kepada para unsur pimpinan satuan sebagai pengemban atau penanggung jawab Bintal Fungsi Komando, untuk segera dilakukan langkah antisipasi yang bersifat pembinaan kepada prajurit TNI dan keluarganya dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dimasa mendatang.

Tema Rakornis Bintal TNI tahun 2020 ini “Optimalisasi Peran Bintal Dalam Mewujudkan Prajurit TNI Bermental Tangguh”, tema tersebut sesuai dengan visi dan misi dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan mental diseluruh jajaran TNI. Hindari penyimpangan sekecil apapun melalui tertib administrasi serta akuntabel dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip kejujuran, ketelitian dan kebenaran. (Puspen TNI).

Share :

Baca Juga

MABES TNI

Cegah Penyebaran Covid -19, Dharma Pertiwi dan OASE Gelar Rapit Test Gratis

MABES TNI

Panglima TNI Berharap Dukungan Logistik Operasi TNI Lebih Optimal

MABES TNI

Jajaran Penerangan TNI Terdepan Dalam Publikasi Kegiatan

MABES TNI

Panglima TNI Tinjau Pulau Galang di Batam