LIVE TV
Kasrem 042/Gapu Hadiri Gelar Operasi Keselamatan Siginjai 2021 Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Pengurus Perbakin Provinsi Jambi Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kantor Polsek Tebing Tinggi Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi

Home / Berita Korem

Kamis, 4 Maret 2021 - 14:20 WIB

Babinsa Koramil Telanaipura Nilai Kesadaran Masyarakat Menjaga Simbol Negara Kurang

KOREM GARUDA PUTIH, Jambi –  Bendera kebangsaan Indonesia sang merah putih, adalah lambang kedaulatan dan tanda kehormatan Republik Indonesia. Merupakan jati diri bangsa dan identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain bendera Merah Putih, bahasa Indonesia, Garuda Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia raya adalah Simbol yang menjadi cerminan kedaulatan negara di dalam tata pergaulan dengan negara-negara lain.

Namun di era digital yang merupakan suatu kondisi atau zaman dimana semua kegiatan yang mendukung kehidupan sudah dipermudah dengan adanya teknologi, memberikan dampak negatif bagi kehidupan, bahkan sampai menyerang kehidupan sosial masyarakat.

Masyarakat cenderung mengedepankan kehidupan secara individu dan terkesan kurang peduli acuh dengan kondisi lingkungan disekitarnya, termasuk perlakuan terhadap bendera Merah Putih.

Baca juga :  Danrem Gapu Hadiri Peresmian Kampung Bantar Tangguh Nusantara

Masih dijumpai di wilayah binter Koramil 415-09/ Telanaipura,  perlakuan bendera Merah Putih yang tidak lagi sesuai dengan tatanan dan aturan. Terkesan bendera diabaikan dan tidak  bermakna.

Dalam rangka menjaga jati diri bangsa dan untuk mengobarkan semangat persatuan, Danramil 415-09/ Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, mulai Senin (1/3) memerintahkan Babinsanya untuk memberikan himbauan dan sosialisasi tentang perlakuan dan penggunaan bendera Merah Putih kepada masyarakat di wilayah binaan.

“Sampaikan kepada pengelola kantor ataupun ke warga untuk mengganti bendera Merah Putih dengan yang baru jika bendera tersebut sudah usang, sobek  dan tidak layak untuk dikibarkan lagi.” jelas Danramil.

Baca juga :  Peduli Besamo Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Bantu Tenaga Kesehatan

Fakta di lapangan terungkap bahwa Babinsa di wilayah binaan masih menjumpai adanya bendera yang masih dikibarkan meskipun kondisinya tidak layak untuk dikibarkan dan bendera dalam kondisi warnanya sudah pudar serta dalam kondisi sobek sebagian.

Atas temuan tersebut, mengindikasikan bahwa tingkat kesadaran  masyarakat untuk menjaga simbol negara sudah  berkurang.

Oleh sebab itu, untuk menumbuhkan semangat persatuan, jiwa Nasionalisme Danramil berharap kedepan perlu diadakan sosialisasi secara agar semangat dan kesadaran warga dalam memperlakukan bendera sebagai simbol negara benar-benar dapat diwujudkan dan tumbuh tanpa ada paksaan. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Danrem 042 Gapu Berikan Wasbang Bagi Kader PMII dan Santri Ponpes Manarul Huda Batanghari

Berita Korem

Danrem 042 Garuda Putih Pimpin Penyemprotan Disinfektan pada Fasilitas umum

Berita Korem

Ditengah Covid -19, Anggota Satgas Yonif Raider 142 Bersama Pemuda Umanen Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Membuat Kerajinan Pigura

Berita Korem

Kasrem 042/Gapu Ajak Prajurit dan PNS Beragama Islam Makmurkan Masjid

Berita Korem

Apel Dansat Tersebar di jajaran Korem 042 Garuda Putih di Tutup Dengan Renang Militer

Berita Korem

Dengan Menggunakan Spanduk, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Himbau Warga Stop Karhutlah

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Sambut Kedatangan Tim Pengawasan Post Audit Itjenad

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Bersama Kapolda dan Walikota Jambi Gelar Patroli Bermotor Malam Natal di Kota Jambi