LIVE TV
Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi, Danrem Bersama Kapolda Jambi hadiri Rakor Pencegahan Karhutla Korem 042/Gapu Gelar Pembinaan Zona Integritas Vaksinasi Tahap Dua, Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli : “Lebih Enak, Tidak Terasa Apa – Apa”

Home / Berita Korem

Kamis, 31 Desember 2020 - 18:19 WIB

Babinsa Mayang Mangurai Bantu Evakuasi Nenek Tua yang Terjebak Banjir

KOREM GARUDA PUTIH, Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian saat terjadi bencana, gempa bumi dan situasi yang mengancam keamanan di wilayah binaannya.

Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi demografi, geografi dan kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional.

Saat terjadi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, kebakaran dan kejadian lainnya di wilayah binaannya, Babinsa berkewajiban untuk membantu melakukan pendataan korban yang terdampak, memberi pertolongan sekaligus mengevakuasi korban yang memang membutuhkan.

Jadi saat terjadi bencana, Babinsa tidak hanya bertindak sebagai penonton dan petentengan saja, akan tetapi dengan suka rela memberikan bantuan kepada warga yang terdampak tanpa mengharap imbalan, pamrih dan pujian.

Baca juga :  Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S. IP, M.Hum Berkunjung ke Makodim 0416/Bute

Hal seperti itu telah dilakukan oleh Babinsa kelurahan Mayang Mangurai, Koramil 415-09/Telanaipura, Serka Afriadi saat memberikan bantuan moril sekaligus evakuasi warga korban banjir di RT. 22 kel. Mayang Mangurai kec. Alam Barajo kota Jambi, Kamis (31/12/2020).

Hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi semalaman, terjadi hampir diseluruh kota Jambi, membuat sungai, resapan dan penampungan air tidak mampu menampung debit air yang ada, sehingga luapan air dan banjir terjadi dimana-mana.

Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E membenarkan terjadi genangan air dan banjir hampir menyeluruh dalam kota Jambi. Rata-rata wilayah yang terdampak mayoritas dilingkungan perumahan yang sebagian besar drainase tidak sesuai dengan peruntukannya.

Baca juga :  Ratusan Personel TNI di Jambi, Perangi Covid -19 Dengan Penyemprotan Disinfektan

Danramil memerintahkan kepada seluruh personilnya untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak berupa bantuan moril, tenaga sekaligus perhatian dan evakuasi terhadap warga yang membutuhkan.

“Kondisi wilayah binaan Koramil 415-09/ Telanaipura sedang diguyur hujan lebat hingga terjadi banjir dan luapan air sampai ke pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya. Untuk para Babinsa jangan ragu, silahkan beri bantuan kepada warga yang terdampak,” pinta Danramil.

Ia juga berharap bagi Babinsa yang wilayah binaannya mengalami musibah banjir untuk segera turun langsung ke lokasi, lakukan pendataan dan jangan bertindak hanya sebagai penonton dan petentengan saja.

“Lakukan aksi secara nyata,” tambah Danramil. (penremgapu).

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Masuki Usia Ke 60, Danrem Harapkan Prajurit Korem 042 Gapu Makin Profesional dan Dicintai Rakyat

Berita Korem

Vaksinasi Tahap Dua, Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli : “Lebih Enak, Tidak Terasa Apa – Apa”

Berita Korem

PANGDAM II/SWJ BERSAMA KETUA PERSIT KCK PD II SRIWIJAYA GOWES BARENG

Berita Korem

Persit Koorcabrem 042 Gapu Beri Bantuan 100 pcs Pelindung Wajah Kepada Tenaga Medis Rumkit Bratanata Jambi

Berita Korem

Danrem Gapu Ajak Media Bersinergi Dalam Menangani Penyebaran Covid – 19

Berita Korem

Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN Pos Long Metun Bantu Warga Membuat Jembatan

Berita Korem

Pasca Lebaran, Korem 042 Gapu Semprot Disinfektan Cegah COVID-19 di Pasar Angso Duo

Berita Korem

Ini Jadwal Penerimaan Catar Akmil TA 2020 bagi Lulusan SMA