LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Berita Korem

Jumat, 29 November 2019 - 08:51 WIB

Babinsa Sebagai Ujung Tombak TNI, Tak Kenal Lelah Membantu Petani

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Babinsa merupakan orang pertama dalam barisan TNI yang langsung turun ditengah-tengah masyarakat manakala masyarakat membutuhkan. Tersebut disampaikan Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Arry Yudistira, dalam rilis tertulisnya di Kuala Tungkal, Jum’at (29/11/2019).

Dikatakan Arry bahwa sebagai seorang Babinsa, pendekatan yang biasa disebut dengan Komunikasi Sosial (Komsos) terhadap warga di wilayah binaan, mutlak dilakukan, agar tercipta keharmonisan dan komunikasi yang baik.

“Pola pendekatan seperti ini termasuk dalam strategi Pembinaan Teritorial (Binter) untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dan untuk lebih mempererat hubungan antara Babinsa selaku aparat kewilayahan dengan warga masyarakat sebagai sasaran pembinaan,” kata Arry.

Seperti yang dilakukan oleh Sertu Meiswendri Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 419-01/Nipah Panjang melaksanakan Komsos dengan cara membantu petani membersihkan gulma yang tumbuh mengganggu tanaman padi di lahan milik Guntur yang merupakan anggota kelompok tani Maminase di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kab. Tanjab Timur.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu Sambut Kedatangan Tim Pengawasan Post Audit Itjenad

Dalam kegiatan yang dilakukan tersebut, Babinsa bersama petani membersihkan gulma terhadap tanaman padi dan ini merupakan proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Pembersihan gulma ini juga bertujuan agar dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan air, penyerapan pupuk dan unsur hara tanah serta sinar matahari.

“Dengan memutus perputaran hidup gulma maka dapat mencegah perkembangbiakan hama penyakit tanaman dan tikus,” ujarnya.

“Selain itu, hal ini juga dapat mencegah munculnya tanaman gulma yang akarnya dapat mengeluarkan racun bagi akar tanaman padi,” sambungnya.

Baca juga :  BERITA FOTO : Kunjungi Kodim 0419/Tanjab, Kasdam II Sriwijaya Tabur Bibit Ikan

Arry juga mengatakan bahwa dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan Babinsa dapat mengetahui dampak serangan hama tersebut. Selanjutnya, dari hasil pengecekan tersebut Babinsa akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian, terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktifitas padi yang menurun.

“Sebagai Babinsa, mereka melakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga Babinsa melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi, khususnya dalam pemberantasan hama tanaman,” papar Arry.

Selain pengecekan terhadap hama padi milik petani setempat, ia menyebut pendampingan Babinsa kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani, tutupnya.(penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Kapolda Jambi Buka Turnamen Sepak Bola Mini Danrem Cup 2019

Berita Korem

Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ikuti WEB Seminar Inspirasi Perempuan Sehat Berdaya

Berita Korem

Danrem 042 Garuda Putih Tegaskan Agar Prajurit Kompi Senapan B Yonif R 142/KJ Tanamkan Jiwa Korsa dan Ciptakan Lingkungan yang Harmonis

Berita Korem

TNI Membuka Pendaftaran Calon Perwira PK 2020 Khusus Tenaga Kesehatan

Berita Korem

Wakili Danrem, Kasrem 042/Gapu Hadiri Sertijab Dansat Brimob

Berita Korem

Jalin Sinergitas, Kapolda Jambi Pimpin Upacara Gabungan TNI – Polri di Makorem 042/Gapu

Berita Korem

Empat Ribu lebih Peserta ikuti Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Hari Juang TNI AD 2019 di Jajaran Korem 042/Gapu 

Berita Korem

Kunjungi Kompi Senapan A, Danrem 042 Gapu Beri Semangat Prajurit