oleh

Babinsa Seleksi Calon Paskibraka, Ajak Pelajar Untuk Mempersiapkan Diri Mulai Sekarang

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Mungkin banyak diantara kalian yang bermimpi menjadi bagian dari anggota Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), apalagi ada kempatan untuk pengibar di istana Negara?

Bagi kalian bukan hal mustahil mewujudkan mimpi itu. Jika kalian bersungguh-sungguh mulailah mempersiapkan diri sekarang.

Tentu persaingan cukup ketat, karena hanya ada satu dari tiap provinsi di Indonesia yang terpilih, ungkap Babinsa Koramil 02/Muara Limun Kodim 0420/Sarko Koptu Musi Herman saat ikut menseleksi calon Paskibra tingkat Kecamatan Pelawan, Juma’t (14/3/2020)

Lebih lanjut Musi Herman mengungkapkan ada 6 tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para calon Paskibraka Kalau mau lolos seleksi Paskibra mulai tingkat Kecamatan/Kabupaten/Provinsi dan tingkat Nasional.

Dimulai dengan Seleksi pengetahuan umum dan kemampuan baris-berbaris.Biasanya, pada saat tes kemampuan baris-berbaris, orang yang akan dipilih dan lolos seleksi adalah yang gerakan baris-berbarisnya patah-patah.

Lanjut Tes kesehatan. Tes ini sama seperti tes kesehatan biasa. Pada saat pengukuran tekanan darah atau tensi usahakan membuat dirimu serileks mungkin. Jagalah kesehatan mulai sekarang ya, ujar Herman.

Untuk Postur tubuh sangat menunjang. Selain kesehatan fisik yang sempurna, postur tubuh juga harus sempurna. Postur tubuhmu dapat diketahui dari surat hasil pemeriksaan kesehatan, yang menyertakan hasil computed tomography (CT) scan. Kalau terlihat sedikit saja ada yang enggak memenuhi kriteria, kamu enggak bisa lolos. Misalnya saja kakimu berbentuk O atau X.

Kabarnya untuk putri dipatok memiliki tinggi minimal 165 cm, kemudian yang putra minimal 170 cm. Tapi, tinggi yang yang cukup harus dibarengi dengan berat badan yang ideal, papar Herman.

Seleksi wawancara harus dipersiapkan dengan matang. Pada tahapan ini kamu harus bisa menjawab dengan cepat dan berani menatap questioner. Ketika menjawab pertanyaan kamu diharuskan untuk jujur karena kalau berbohong mereka bisa tahu dari lensa matamu.

Selain seleksi baris-berbaris, juga ada seleksi fisik. Kamu tidak bisa lolos tanpa latihan sebelumnya. Sebaiknya kamu mempersiapkan dirimu seperti push-up, lari, dan sit-up, tegas Herman dihadapan para calon.

Ketika sudah terpilih, kamu akan berlatih baris-berbaris selama waktu yang sudah ditentukan. Latihan tersebut pasti keras untuk menempa kedisiplinanmu. Makanya setelah seleksi fisik juga ada seleksi psikotes.

Tujuannya untuk mengetahui apakah kamu bisa menghadapi tekanan selama masa pelatihan, ujar Herman.

kalau adik – adik ingin menjadi anggota Paskibra, adik – adik adalah siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun di bidang lain. Nilai setiap mata pelajaran, harus ada di atas tujuh, tapi kalau di sekolah itu rata-ratanya tinggi, ya harus di atasnya lah.

Kemudian, harus menguasai skill pengibaran bendera, seperti baris berbaris dan lainnya. Kamu juga harus serta sehat jasmani dan rohani.

Banyak dari mereka yang merasa minder karena berbagai faktor hingga akhirnya memutuskan untuk tidak mengikuti seleksi tersebut. Rasa minder adalah hambatan yang timbul dari dalam diri sendiri sebagai akibat dari rasa kurang percaya diri. Buang jauh-jauh rasa minder tersebut.

Terakhir Berdoa, Siapa yang bisa melawan kekuatan doa? Setelah berusaha, berdoalah. Kalian juga boleh meminta doa restu dari orangtuamu, pungkanya. (penremgapu)

Komentar

Berita Terkait