oleh

Bantu Warga Terdampak Corona, Korem Luncurkan Program “Garuda Putih Peduli Sesamo”

KOREM 042 GAPU – Perhatian seisi dunia saat ini tercurah pada Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) atau corona. Sebuah virus mematikan yang menyebar ke seluruh dunia begitu cepat.

Virus corona pertama kali terdeteksi di China, awal Desember 2019 lalu. Saat itu, beberapa pasien berdatangan ke rumah sakit di Wuhan. Mereka menunjukkan gejala penyakit tak dikenal. Wuhan memang sempat dilockdown. Tapi rupanya virus sudah duluan menyebar ke mana-mana.

Dengan cepat, beberapa negara langsung diserang. Angka pasien terjangkit dan meninggal pun meningkat tajam. Langsung saja dunia kelabakan. Semua melakukan berbagai upaya. Nah, di Indonesia sendiri, virus corona ini pertama kali terkonfirmasi pada Senin (2/3) lalu. Dua orang wanita, yang berusia 31 tahun dan 64 tahun, terjangkit virus ini.

Di Provinsi Jambi sendiri, virus corona pertama kali terkonfirmasi pada 23 Maret 2020. Pasien 01 ini merupakan warga Kabupaten Tebo. Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi terus bekerja, diketuai oleh Gubernur Jambi.
TNI pun tak tinggal diam. Melalui pesawat hercules, Provinsi Jambi sudah dua kali menerima bantuan ribuan Alat Pelindung Diri (APD), dari pusat. Bantuan ini pun langsung diserahkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, agar bisa segera disalurkan.

Korem 042/Gapu, selama ini pun telah melakukan berbagai hal untuk membantu Pemerintah, dalam mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai fasilitas umum, memberikan bantuan, hingga mendirikan dapur umum bagi warga yang terdampak Covid-19.

Tapi ada terobosan baru yang dilakukan oleh Korem 042/Gapu dibawah kepemimpinan Kolonel Kav M Zulkifli, begitu usai dilantik di di Gedung Sudirman Makodam II/Swj, Palembang, Kamis (23/4) lalu.

Putra daerah Jambi ini, meluncurkan Program  “Garuda Putih Peduli Sesamo”. Sebuah program yang ditujukan membantu pemerintah, untuk menolong warga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Di sini, seluruh prajurit Korem 042/Gapu dan jajaran, diimbau untuk peduli dengan lingkungannya. Caranya, dengan menyisihkan rezeki mereka untuk dibagikan pada orang-orang di sekitar. “Misalkan, satu prajurit bisa membantu 2 warga sekitarnya yang kesulitan, berapa banyak yang warga yang bisa dibantu. Semua dimulai dari diri sendiri, sesuai dengan kemampuan masing-masing,” kata wong Jambi asli ini, yang lahir pada 27 September 1968 silam itu.

Program ini pun sudah mulai berjalan pada Jumat (8/5) lalu, program ini diluncurkan. Danrem 042/Gapu Kolonel Kav M Zulkifli, didampingi Ketua Persit KCK Koorcab 042 PD II Sriwijaya, Ny Dewi Zulkifli, menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan Veteran, Warakawuri, Perip dan Pepabri di Makorem 042/Gapu. Hadir pula saat itu Kasrem Letkol Arh Hary Sassono Utomo, Dandim 0415/Batanghari serta Dan/Kasatbalakrem 042 serta para Kasi Korem.

Tali asih ini merupakan wujud simpati Korem 042/Gapu kepada para istri prajurit TNI yang telah berjuang membela bangsa dan negara, meski nyawa sebagai taruhannya. “Bantuan ini tentu tidak seberapa nilainya.

Terpenting, ini sebagai wujud kepedulian kami kepada Warakawuri yang dulu sangat setia mendampingi sang suami sebagai seorang prajurit TNI dalam membela dan mempertahankan NKRI dimana di situasi pandemi virus Corona ini ibu -ibu yang sudah tidak muda lagi harus selalu menjaga kesehatan,” kata Zulkifli.

Teknis pembagian pun tetap melaksanakan protokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Paket sembako tersebut diantar langsung oleh para Babinsa. Langsung dikirimkan ke rumah-rumah. Diharapkan, bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban kebutuhan pokok sehari-hari.

Tak tanggung-tanggung, program “Garuda Putih Peduli Sesamo” ini, hingga Selasa (19/5) mampu menyumbang 3.560 nasi kotak, 7.610 paket sembako dan 16.850 masker.

Seluruh jajaran bahu membahu, demi menolong sesama. Agar masyarakat di sekitar yang terkena dampak Covid-19 ini, masih bisa tersenyum bersama keluarga. Prajurit Korem 042/Gapu sendiri telah mengeluarkan 1.000 nasi kotak dan 1.099 paket sembako, kemudian Kodim 0415/Bth 1.000 nasi kotak, 142 paket sembako.

Dilanjutkan prajurit Kodim 0416/Bute, sebanyak 925 paket sembako dan 2.070 masker, lalu Kodim 0417/Kerinci 541 paket sembako dan 2.650 masker. Sementara itu prajurit Kodim 0419/Tanjab, menyumbangkan 2.485 paket sembako dan 6.300 buah masker, Kodim 0420/Sarko 500 nasi kotak, 2.036 paket sembako dan 5.830 lembar masker.

Sedangkan untuk jajaran Satdisjan turut pula berpartisipasi yakni Satuan Denbekang 44-02 ikut menyumbangkan 45 paket Sembako, Denpal B 02.12.02, menyumbang Nasi kotak sebanyak 20 kotak dan 50 paket Sembako, Den zibang 3/II, 12 paket Sembako, Denkesyah 50 paket Sembako, Den hubrem 042 menyumbang 6 paket Sembako dan Ajenrem 042 sebanyak 9 paket Sembako.

“Ini semua dari TNI AD untuk masyarakat Jambi. Kito harus besamo masyarakat di tengah situasi ini,” tegas Zulkifli. (Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait