Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai Kunjungi Polsek Muara Tembesi, Pangdam Berpesan Unsur Tripika Tetap Netral Hadapi Pilkada Serentak  Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Pangdam II Sriwijaya Pangdam Sriwijaya Apresiasi Kapolda Jambi Dalam Antisipasi Karhutla Melalui Aplikasi Asap Digital

Home / Kodim 0419/Tanjab

Kamis, 12 Desember 2019 - 11:50 WIB

Bentuk Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa Koramil Tungkal Ulu Bantu Petani Panen Padi

JAMBI. korem042gapu.mil.id – Guna membantu kelancaran panen padi petani disebagian wilayah Kabupaten Tanjab Barat yang mulai berlangsung, Kodim 0419/Tanjab melalui Koramil jajaran mengerahkan para Babinsa untuk membantu dan mendampingi kegiatan panen padi di wilayah binaan masing masing.

Salah satunya Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu Serda Gopal terus- menerus melakukan pendampingan kepada para petani yang berada di desa binaannya dengan terjun langsung ke sawah membantu petani panen padi yang bertempat di lahan persawahan milik Bapak Idris di Desa Gemuruh Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (12/12/2019).

Wujud dukungan TNI khususnya prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan (Hanpangan), dengan Semangat ikut serta terjun langsung kesawah bantu para petani desa binaannya saat memanen padi, inilah yang dilakukan oleh Serda Gopal kepada para petani warga desa binaannya.

Baca juga :  Ditengah Pandemi COVID-19, Kodim 0419/Tanjab Tetap Melaksanakan Program TMMD

Dengan penuh rasa semangat Babinsa juga menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan panen padi, bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi. Seperti saat ini yang sedang melaksanakan panen padi, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani.

Menurut Gopal, kami turun disawah untuk membantu dengan harapan dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan.

“Kebersamaan di sawah kiranya dapat menciptakan rasa kedekatan dan rasa kekeluargaan kami dengan warga setempat,” ujar Gopal.

Ia menambahkan agar program Hanpangan dapat tercapai, maka para Babinsa Prajurit Kewilayahan wajib selalu melakukan pendamping dilapangan memberikan arahan dan motivasi tinggi kepada para petani, agar apa yang menjadi kesulitan yang dihadapi oleh para petani dapat segera teratasi.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Virus Corona, Dandim Tanjab Bersama Kapolres Himbau Warga Berdiam Dirumah

Terpisah, Danramil 02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain mengatakan, aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya untuk membantu petani dalam pencapaian swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah.

“Pengawalan dan pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini tidak hanya saat panen padi saja, namun juga dilakukan ketika pendistribusian benih dan pupuk. Selain itu Babinsa juga aktif turun ke lapangan mulai masa penyiapan lahan, masa tanam dan masa perawatan,” terangnya.

Dengan turunnya Babinsa ke lapangan diharapkan mampu memberikan motivasi bagi petani dalam meningkatkan produksi pangan.

Babinsa juga tentunya akan membantu setiap hambatan dan kendala yang dihadapi petani guna dicarikan solusi mengatasinya namun tentunya akan dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan Poktan dan PPL atau BPP setempat,” pungkas Zulkarnaen. (fds/Penremgapu).

Share :

Baca Juga

Kodim 0419/Tanjab

Dandim 0419 Tanjab Bagikan Sembako Bantu Warga Terimbas Corona

Kodim 0419/Tanjab

Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat Membangun Negeri Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan

Kodim 0419/Tanjab

Danramil Tungkal Ulu Ingatkan Generasi Muda Selalu Bijak Menggunakan Medsos

Kodim 0419/Tanjab

Sambil Menikmati “Nasi Berkat”, Kodim 0419/Tanjab Jalin Keakraban Bersama Insan Pers Tanjab Barat

Kodim 0419/Tanjab

Kodim Tanjab Terima Materi Asistensi Tehnis Penyelenggara Komsos Dari Pusterad

Kodim 0419/Tanjab

Satgas TMMD 108 Kodim 0419/Tanjab Bekerja Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Kodim 0419/Tanjab

Dandim 0419/Tanjab : Desa Labuhan Pering Akan Menjadi Sasaran TMMD 108

Kodim 0419/Tanjab

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dandim Tanjab Bersama Kapolres Himbau Warga Berdiam Dirumah