by

Berbagi Iptek, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Ajak Anak Perbatasan Nobar

-Yonif 142-16 dibaca

Belu, korem042gapu.mil.id – Peduli terhadap anak-anak di wilayah perbatasan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, personel Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ hibur warga masyarakat khususnya anak-anak perbatasan dengan nonton bareng (Nobar) di Dusun Fohululik Desa Lutharato Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu NTT.

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan atau wawasan seseorang dibidang teknologi, dan teknologi adalah seluruh sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia, penggunaan teknolodi oleh manusia diawali dengan pengubah sumber daya alam menjadi alat-alat yang sederhana.

“Terbatasnya ilmu pengetahuan dan teknologi di daerah perbatasan khususnya Desa Lutharato dan Desa Sisifatuberal Kecamatan Lamaknen Selatan disebabkan karena masih terdapat beberapa daerah yang belum dialiri oleh arus listrik, sehingga personel Pos Fohululik berinisiatif untuk dapat saling berbagi kebahagiaan bersama warga masyarakat sekitarnya,” ungkap Letkol Inf Ikhsanuddin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Kegiatan ini bersumber dari inisiatif Sertu Ediyanto Simangunsong selaku Danpos Fohululik untuk berbagi kebahagiaan dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak-anak perbatasan, hal ini disebabkan karena di Desa Sisifatuberal dan Desa Lutharato terdapat 4 dusun yang belum dialiri oleh arus listrik, salah satunya adalah Dusun Fohululik,” ungkapnya lebih lanjut.

“Dengan berbagi ilmu pengetahuan bersama anak-anak di Dusun Fohululik melalui kegiatan nonton bareng (Nobar), diharapkan mereka dapat mengetahui perkembangan teknologi saat ini sehingga dapat meningkatkan semangat dan motivasi anak-anak yang berada di Dusun Fohululik untuk menuntut ilmu di sekolah guna meraih cita-citanya,” imbuh Letkol Inf Ikhsanuddin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (12/1/2020).

“Melalui metode nonton bareng (Nobar) sederhana bersama anak-anak perbatasan diharapkan agar lebih mudah untuk dimengerti oleh mereka, sehingga diharapkan dapat meningkatkan rasa keingintahuan anak-anak selaku generasi muda penerus Bangsa,” jelasnya.

Sertu Ediyanto Simangunsong selaku Danpos Fohululik memerintahkan Serda Pernando J Saputra selaku Wadanposnya bersama 5 orang personel lainnya untuk membantu penyelenggaraan kegiatan nonton bareng (Nobar) sederhana dengan memanfaatkan hasil kemajuan teknologi berupa Laptop sabagai sarana utama,” terang Dansatgas.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga masyarakat di sekitar Pos Fohululik, sehingga ketika hari libur sekolah anak-anak sekitar pos datang untuk mengikuti nonton bareng, waktu pelaksanaan nonton bareng (Nobar) dimanfaatkan oleh personel Pos Fohululik untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak selaku generasi penerus Bangsa, khususnya ilmu pengetahuan yang tidak mereka terima di bangku sekolah.

Disaat pelaksanaan nonton bareng, Stefanus Mau (10) mengucapkan terima kasih kepada personel Pos Fohululik yang telah menyelenggarakan kegiatan nonton bareng (Nobar) untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kami sangat berterima kasih kepada abang-abang TNI karena telah mengadakan nonton bareng untuk kami, sehingga kami dapat mengerti tentang ilmu pengetahuan yang tidak ada sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, Sepentus Bau (8) juga mengucapkan rasa terima kasih dan memuji personel Pos Asulait.

“Kami merasa senang dan bangga punya TNI seperti abang-abang, terima kasih abang,” ucapnya sambil tersenyum.

Terpisah, Prada Eza Agam selaku personel Pos Fohululik mengungkapkan rasa senang karena dapat berbagi kebahagiaan bersama anak-anak di wilayah penugasan.

“Saya mewakili personel Pos Fohululik merasa senang dapat berbagi kebahagiaan bersama anak-anak di daerah perbatasan, dan kebanggaan tersendiri bagi saya dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain,” tandasnya. (penremgapu)

admin

Penulis : Staf Penerangan Korem 042 Gapu
Editor : Kapenrem 042 Gapu Mayor Inf Firdaus
Penanggung Jawab : Kasrem 042 Gapu Letkol Arh Harry Sasono Utomo, SH
Suport IT : Fendi Tungkal
admin

Comment

Berita Terkait