JAMBI, korem042gapu.mil.id – Sebanyak 699 Calon Bintara (Caba) Prajurit Karier (PK) TNI Angkatan Darat Sub Panitia Daerah (Sub Panda) Jambi, Tahun 2021, bersaing mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjas) sebagai salah satu syarat untuk menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Darat di Lapangan Stadion KONI Jambi, Sungai Asam, Pasar Jambi, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Selasa (31/8/2021).

Hal tersebut dikatakan oleh Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta kepada awak media bahwa sebanyak 699 casis Secaba tersebut, sebelumnya telah lulus Seleksi Administrasi, Kesehatan awal dan Pemeriksaan Postur.

Pelaksanaan Garjas dibagi dalam 3 gelombang, dimana untuk hari ini diikuti oleh 229 peserta, sedangkan sisanya akan mengikuti tes pada hari berikutnya, dengan materi meliputi Kesegaran A Lari 12 menit, sedangkan kesegaran B meliputi Pul ups selama 1 menit dan kesegaran C renang dasar 50 meter bertempat di kolam renang Telago Rajo kota Baru Jambi, ujar Hatta.

Populer:  Danrem 042/Gapu Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI Ke 77 Secara Virtual

Sebelum test Garjas, para casis melaksanakan pengecekan Suhu tubuh dan Tensi serta tetap menerapkan protokol kesehatan oleh Tim Kesehatan Dari RS Dr. Bratanata Denkesysh 02-04.02, dan melakukan pemanasan oleh Tim Jasrem 042/Gapu.

Adapun Tes Garjas ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan fisik para Casis Caba maupun capaian nilai yang sesuai standar yang dipersyaratkan untuk bisa mengikuti seleksi berikutnya sebelum masuk pendidikan.

Seleksi penerimaan untuk menjadi Bintara PK TNI AD dilaksanakan secara ketat, jujur, transparan dan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Angkatan Darat serta yang pastinya gratis dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, tandasnya.

Populer:  Antisipasi Karhutla, 135 Personel Satgas Gabungan Diterjunkan di Kecamatan Sadu dan Kumpeh

Pada kesempatan yang sama, Kajasrem 042/Gapu Kapten Inf Kholidi mengatakan kegunaan dari tes kesegaran jasmani ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan pantaskah seseorang menjadi Prajurit TNI AD sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Iya hari ini kita gelar Tes Kesegaran Jasmani Caba PK TA. 2021 yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai (31/8) sampai tanggal (2/9) mendatang, dengan total jumlah peserta sebanyak 699 orang dari peserta awal 958 orang. Hari pertama sebanyak 229 orang, hari kedua 260 orang dan hari ketiga 210 orang”. ujar Kholidi.

Populer:  Liga Santri Piala KASAD Zona Jambi, Ponpes Nurul Jalal dan KH Abdul Satar Saleh ke Final

Perlu kita ketahui tes kesegaran jasmani ini merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi seorang Prajurit TNI AD. Tes kesegaran jasmani dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kesiapan masing-masing peserta mengikuti pendidikan dasar dan lanjutan guna menunjang tugas pokok TNI AD, tegasnya.

Pelaksanaan Garjas ditinjau langsung oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf. M. Yamin Dano, Kasipers Kolonel Arh Beny Febrianto. S. Sos. M.I.P, Dandenkesyah 02.04.02. Lekol Ckm dr. Abdul Haris Drakel. Sp.OT. Kaajenrem 042/Gapu Kolonel Caj (Har) Drs. I. Wayan Windya, Irdya Intel Itdam Dam II/Swj Letkol Inf Edy Yanto sebagai Pawas dari Kodam II/Swj dan Kajasrem 042/Gapu Kapten Inf Kholidi. (Penrem042gapu)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *