KOREM042GAPU, Jambi – Korem 042/Gapu Gelar upacara Hari Juang TNI AD ke 77 Tahun 2022 di lapangan Upacara Makorem, Jl Jend Urip Sumoharjo Kel. Sungai Putri Kec. Danau Sipin Kota Jambi, Kamis (15/12/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., dan Komandan Upacara Mayor Inf Beni serta diikuti oleh Kasrem 042/Gapu, para Kasi Korem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi, para Dan/Ka Balak Aju dan Balak Korem 042/Gapu, Para Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS di lingkungan Korem 042/Gapu.

Danrem 042/Gapu saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengucapkan Selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2022 kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga dimanapun bertugas dan berada, diiringi dengan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan atas pengabdian, loyalitas, disiplin dan dedikasi yang tinggi.

Tema Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2022 ini adalah “TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat” yang merepresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian,”Jelasnya

Populer:  Danrem 042/Gapu : Peran RRI Sangat Besar Saat Kemerdekaan

“Tema ini juga menjadi pengingat bahwa ibu kandung prajurit TNI AD adalah rakyat, sedangkan nafas dan ruhnya adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara. Oleh karenanya, TNI AD tidak boleh melupakan rakyat dan sebaliknya TNI AD harus selalu dihati rakyat.TNI AD tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat, karena hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI AD akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara,” tegas KASAD

Sejarah mencatat, bahwa kebersamaan TNI dan rakyat merupakan kekuatan dahsyat yang mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Populer:  Dandim Tanjab Pimpin Penyerahan Bantuan Sapi Kurban dan Sembako

Palagan Ambarawa merupakan peristiwa monumental yang menjadi salah satu bukti dahsyatnya kekuatan yang terbangun dari bersatunya TNI dan rakyat, sehingga dapat mengalahkan kekuatan pasukan kolonial yang jauh lebih modern, sambungnya.

“Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dipadukan dengan keberanian, keikhlasan serta rela berkorban akhirnya mampu mengantarkan TNI bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa heroik inilah yang kemudian kita peringati sebagai Hari Juang TNI Angkatan Darat,” ungkap Jenderal bintang empat tersebut

Menutup amanatnya, KASAD mengajak seluruh prajurit TNI AD untuk selalu menjadi solusi ditengah masyarakat dan peka serta menjaga stabilitas keamanan pada Pemilu 2024 mendatang.

Serta menatap lurus kedepan guna memantapkan langkah bersama untuk mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, adaptif, modern dan profesional, yang ditakuti lawan, disegani kawan dan dicintai rakyat.

Dihadapkan pada berbagai permasalahan yang menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia saat ini, TNI AD harus mengambil peran untuk membantu mengatasinya. “TNI AD harus hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.”ucap Jenderal Dudung

Populer:  Pangdam II/Sriwijaya Apresiasi Satgas Karhutla Provinsi Jambi

“Seiring berjalannya waktu, kita akan segera memasuki tahun politik menjelang diselenggarakannya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2024, tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi dilingkungan tugas masing-masing. Pertajam naluri prajurit sebagai insan intelijen, aplikasikan deteksi dini dan cegah dini” tutup KASAD

Diakhir upacara Danrem berpesan kepada seluruh Prajurit dan PNS Korem agar mempedomani amanat Panglima besar Jenderal Sudirman serta atensi KASAD melalui amanat dalam upacara Hari Juang TNI AD ke 77.

“Kita harus terus berjuang mengabdi tanpa batas dan selalu ada di hati rakyat,”pinta Brigjen TNI Supriono

Upacara berlangsung tertib, selanjutnya Danrem 042/Gapu beserta peserta upacara melaksanakan acara syukuran sebagai bentuk rasa syukur atas keselamatan dan kelancaran tugas Korem 042/Gapu dalam pengabdiannya pada bangsa dan negara. (Penrem042gapu)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *