LIVE TV
Kasrem 042/Gapu : Aparat Intelijen Harus Memiliki Kemampuan Up to Date Dalam Mengikuti Perkembangan Teknologi Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022 Prajurit Korem 042/Gapu dan Persit Laksanakan Senam Bersama Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu Ikuti Sosialiasi Perumahan dan Alat Keseahatan Danrem 042/Gapu Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla Tahun 2022

Home / Korem 042

Rabu, 2 Februari 2022 - 15:12 WIB

Cegah meluasnya penyebaran covid-19, Babinsa Koramil 09/Tp melaksanakan tracing

TELANAIPURA, korem042gapu.mil.id – Sertu Herlan Kurniawan, Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura bersama petugas puskesmas Simpang IV Sipin, Lurah dan Bhabinkamtibmas, melakukan pelacakan kontak covid-19 (tracing) terhadap pasien terkonfirmasi covid-19 di RT. 11 Kel. Pematang Sulur Kec. Telanaipura, Selasa (01/02/2022).

Tracing atau pelacakan adalah bagian dari upaya 3T, melengkapi Testing dan Treatment, yang dilakukan sebagai bagian dalam membantu penanganan covid-19.

“Hari ini bersama petugas penanganan covid-19 Kelurahan Pematang Sulur, berhasil melakukan tracing terhadap orang-orang terdekat pasien yang terkonfirmasi covid-19. Kegiatan ini bertujuan agar virus covid-19 dapat terdeteksi dan tidak menyebar secara meluas.” ujar Herlan.

Tracing ini dimaksudkan sebagai proses mencari dan memantau pihak yang kontak dengan orang yang terinfeksi covid-19, bertujuan memutus rantai penularan covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga :  Alhamdulillah, Hasil Swab ke - 2, Sebanyak 116 Pasien Secapa AD Dinyatakan Negatif

Kekhawatiran akan bahaya dan meluasnya penularan dan penyebaran covid-19 baru dirasakan kembali oleh masyarakat setelah kewaspadaan terhadap covid-19 relatif menurun. Masyarakat cenderung abai terhadap penerapan protokol kesehatan karena beranggapan bahwa covid-19 dapat cepat teratasi dengan upaya vaksin, tanpa melakukan kegiatan pencegahan dan pengamanan sebagai upaya pendukung yang sangat efektif.

Dalam melakukan pelacakan (tracing), seringkali petugas mengalami kesulitan karena baik pasien maupun orang-orang terdekat sangat tertutup dalam memberikan informasi terkait dengan covid-19.

Kegiatan pelacakan/tracing, penting untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita covid-19 lalu menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Baca juga :  Kasiter Dampingi PJ Gubernur Jambi Sidak Pasar Angso Duo

Petugas selalu memberikan paket obat-obatan saat melakukan tracing, sebagai bekal untuk melakukan isolasi secara mandiri sambil terus melakukan pemantauan hingga pasien yang terjangkit virus ataupun terkonfirmasi covid-19, sembuh total.

Pada intinya, kami petugas sangat proaktif mengantisipasi terhadap penyebaran dan penularan covid-19 dilingkungan kelurahan Pematang Sulur ini, karena kami sepakat berupaya menjadikan wilayah ini sebagai 0 (nol) penderita covid-19, dan menjadikan aktifitas masyarakat tidak terganggu dan berjalan sebagaimana mestinya, tutur Herlan.(penremgapu).

Share :

Baca Juga

Korem 042

Danrem 042/Gapu Beri Arahan Kepada Komandan Satuan

Korem 042

Wakasad Hadiri Kenaikan Pangkat 84 Perwira Tinggi TNI

Korem 042

Hadiri Sidang Senat Terbuka STIKES Garuda Putih, Ini Harapan Danrem 042/Gapu

Korem 042

Babinsa Monitoring Posko Covid 19, Di Desa Binaan

Korem 042

Babinsa Ingatkan Warga Desa Kasiro Ada Sanksi Hukum Bagi Yang Merusak Hutan

Korem 042

Kasad Rotasi Pimpinan Tiga Jabatan Kepala Dinas di Jajaran TNI AD

Korem 042

Kasad Beri Pengarahan Kepada Orang Tua Calon Tamtama Sub Panda Korem 042/Gapu Secara Virtual

Korem 042

Danrem 042/Gapu Hadiri Penyerahan Sertifikat Untuk Masyarakat Jambi Bersama Menteri ATR/Kepala BPN Melalui Vicon