LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Yonif 142

Rabu, 1 Januari 2020 - 08:16 WIB

Cegah Pelintas Batas Ilegal di momen Nataru 2020, Personel Pos Silawan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Melaksanakan Patroli Keamanan

Belu, korem042gapu.mil.id – Dalam rangka mencegah segala bentuk kegiatan illegal dengan memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru 2020, personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan patroli keamanan dan pengecekan jalan-jalan tikus di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu NTT.

“Adanya jalan-jalan tikus di wilayah Pos Silawan menjadi tanggung jawab personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengawasan dan pengecekan dalam rangka menciptakan suasana aman dan tentram di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Rabu (1/1/2020).

Personel Pos Silawan juga melaksanakan pengecekan Pilar Batas Negara (PBN) yang menjadi tanggung jawabnya, sejauh 7 KM mereka menyiris wilayah perbatasan dibawah pimpinan Letda Inf Muh. Zandra selaku Danpos Silawan bersama 6 orang personel lainnya.

“Kegiatan yang dilakukan oleh personel kami di Pos Silawan adalah untuk memastikan Pilar Batas Negara (PBN) tetap ada, menginggat curah hujan yang tinggi di wilayah perbatasan akan mengakibatkan tanah longsor dan meluapnya arus sungai yang dikhawatirkan akan menimbulkan abrasi tanah sehingga mengakibatkan kerusakan hingga hilangnya Pilar Batas Negara di wilayah tanggung jawab Pos Silawan,” paparnya.

Baca juga :  Dansatgas Yonif Raider 142 Gunakan Vidcon Bersilaturahmi Bersama Anggota Pos Perbatasan di Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang sangat penting bagi masyarakat yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur, yang akan diiringi dengan tingginya peningkatan mobilisasi penduduk untuk merayakan momen tersebut baik secara legal dengan melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) resmi di Motaain maupun secara illegal dengan melalui jalan-jalan tikus di perbatasan Indonesia – Timor Leste.

“Dikhawatirkan pada momen tersebut, akan dimanfaatkan oleh pelaku penyelundupan barang-barang illegal seperti Sembako, BBM, Miras, Narkoba hingga hewan ternak untuk melancarkan aksinya,” tegas Letkol Inf Ikhsan.

“Sehingga personel kami yang berada di pos-pos sepanjang garis perbatasan selalu rutin melaksanakan pengawasan dan pengecekan terhadap jalan-jalan tikus, hal ini untuk mengantisipasi kegiatan keluar masuknya pelintas batas illegal dan barang-barang selundupan,” tegas Dansatgas lebih lanjut.

“Dengan peran aktif berupa pengawasan dan pengecekan yang dilakukan personel kami disepanjang garis perbatasan diharapkan dapat menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah antara Indonesia – Timor Leste,” ungkapnya.

Baca juga :  Peduli Kesehatan Lingkungan, Satgas Yonif R 142/KJ Bangun  MCK di Desa Asumanu

“Sehingga manfaat keberadaan personel kami ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan pengaruh positif secara langsung bagi warga di daerah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” imbuhnya lebih lanjut.

Sementara itu, Letda Inf Muh. Zandra selaku Danpos Silawan menjelaskan bahwa kondisi pilar batas Negara yang menjadi tanggung jawab dari Pos Silawan dalam keadaan baik dan lengkap, keadaan aman dan terkendali masih mewarnai wilayahnya menjelang Tahun Baru 2020.

“Kondisi pilar batas Negara yang kami temui selama pelaksanaan patroli dalam kondisi baik, namun ada 2 pilar yang patut diwaspadai mengingat pinggiran tanah yang ada di sekitar pilar mulai terkikis akibat hujan karena lokasinya berada di tepi jurang aliran sungai, selain itu, dalam rangka menyambut Tahun Baru 2020 adanya peningkatan pelintas batas tradisional yang menyeberang, baik dari Indonesia maupun Timor Leste sehingga dikhawatirkan akan rawan terjadinya kegiatan illegal di perbatasan,” tandasnya. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Lestarikan Budaya Leluhur, Satgas Pamtas Yonif R 142 Hadiri Rapat Dewan Adat Desa

Yonif 142

Personel Pos Fohuk Satgas Yonif Raider 142/KJ Bersama Warga Dusun Piebulak Gotong royong Perbaiki Saluran Air Bersih

Yonif 142

Salut, Darah Pun Disumbangkan Prajurit Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Untuk Masyarakat Perbatasan

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Tanam Padi Bersama Masyarakat di Desa Tohe

Yonif 142

Berikan Rasa Nyaman Bagi Pengendara, Satgas Pamtas Yonif R 142 Bersama Masyarakat Perbaiki Jalan Desa

Yonif 142

Wujudkan Swasembada Pangan, Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Gotong-royong Perbaiki Saluran Irigasi Bersama Masyarakat di Dusun Delomil

Yonif 142

Ciptakan Situasi Wilayah Tetap Kondusif, Satgas Yonif 142/KJ Lakukan Pengamanan Di Pesta Warga Perbatasan

Yonif 142

Satgas Yonif R 142/KJ Dukung Akreditasi Puskesmas Terpadu di Perbatasan