oleh

Dandim 0419 Tanjab Apresiasi Dukungan Menwa Sultan Thaha Jambi Perangi Pandemi Covid -19

KOREM 042 GARUDA PUTIH, Jambi, Sebanyak 50 Relawan dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Sultan Thaha Jambi mendapat pembekalan sebagai sukarelawan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kodim 0419/Tanjab, dimana nantinya mereka mampu menerapkan dan mensosialisasikannya didaerah masing-masing.

Komandan Kodim 0419 Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto pun mengapresiasi dukungan yang sangat besar dari para adik adik Menwa. “Ini sangat luar biasa. Gerakan ini bisa terwujud karena motivasi kuat para Menwa yang ditunjang semangat gotong royong memberikan kontribusi secara sukarela bagi masyarakat Jambi, demi memerangi pandemi yang mengancam masa depan Indonesia,” kata Erwan dalam pernyataan resmi di Makodim 0419 Tanjab, Kuala Tungkal, Rabu (17/6/2020).

Erwan menjelaskan, bantuan sukarela para Menwa merupakan bagian penting dalam membantu Pemerintah menangani wabah Covid-19. Relawan Menwa akan turut serta melaksanakan patroli himbauan tentang protokol kesehatan didaerah masing-masing melalui program-program preventif dan promotif melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid -19, dan mudah-mudahan ini berdampak positif untuk kita semua dan masyarakat di daerah masing-masing.

Relawan Resimen Mahasiswa juga dapat membantu Pemerintah Daerah melakukan pelacakan (tracing and tracking). “Mari kita tunjukkan bahwa anak-anak muda secara sukarela berani dan bisa menyelamatkan nyawa-nyawa masyarakat di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Jambi. Mari bersama kita taklukkan pandemi Covid-19, serta kita tunjukkan bahwa kita semua bisa bergerak menjadi ujung tombak melawan pandemi ini”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Erwan mengungkapkan, pembekalan bagi relawan Resimen Mahasiswa akan dilangsungkan selama tiga hari dengan aplikasi langsung dilapangan bersama anggota Kodim dan unsur Gugus Tugas lainnya dan mendapat pembagian tugas dalam penjagaan Posko Pengamanan Covid-19 dan ikut dalam Patroli Gabungan.

Pembekalan ini menjadi bagian sangat penting agar para relawan paham dan bertindak sesuai protokol yang diberikan. “Pembekalan menghadapi Covid-19 ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan meningkatkan kompetensi relawan dengan baik”, ujarnya.

Harapan saya adik-adik mahasiswa melaksanakan tugas ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat dan perhatikan faktor keamanan mudah-mudahan dengan demikian nantinya adik-adik akan dapat mengaplikasikannya didaerah masing-masing.” ujar Dandim.

Sebelumnya kedatangan Resimen Mahasiswa ini diterima oleh Pasi Ops Dim 0419/Tanjab Kapten Inf Riyakudu And, sekaligus mengenalkan beberapa peraturan di Kodim 0419/Tanjab dan juga mengucapkan “Terima kasih telah hadir dan siap untuk menerima pembekalan tentang prosedur protokol kesehatan yang mana nantinya akan siap membantu Gugus Tugas Covid-19 daerahnya masing-masing”.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hidayat selaku Komandan Menwa Sultan Thaha Jambi melalui pesan Whatsapp mengatakan, bahwa dalam menghadapi pandemi Covid-19, Menwa Sultan Thaha melalui satuan nya di setiap kabupaten / kota di Peov Jambi, telah membentuk relawan untuk aksi memerangi Covid-19.

Berbekal kelebihan menwa yang telah dididik disiplin olehTNI dan beberapa anggota yang telah mengikuti berbagai pelatihan penanganan bencana baik di BPBD maupun di Basarnas, maka menyongsong penerapan New Normal di Provinsi Jambi, Menwa Sultan Thaha membentuk gugus tugas lawan Covid 19, yang diharapkan dapat membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di kabupaten/kota dalam provinsi Jambi, ujarnya.

Sebelum melaksanakan kegiatan di Kuala Tungkal, para anggota menwa ini mendapatkan pelatihan/simulasi singkat di Makodim 0419, terkait dengan wilayah, kondisi dan prilaku masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mengingat sebahagian besar anggota Menwa Sultan Thaha berasal dari luar Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pagi ini kita masih melakukan kegiatan Bhakti sosial dan sosialisasi, termasuk membagikan Masker bagi masyarakat yang ditemukan belum memakai masker untuk pendisiplinan Protokol Kesehatan dengan Sasaran Pasar Tanggo Rajo, sebagai pasar yang paling ramai di Kuala Tungkal.

Dalam pelaksanaan kegiatan kami selalu di dampingi personil dari Kodim 0419 Tanjab.”Terimakasih, Bapak Dandim 0419 Tanjab, Terimakasih Bapak Danrem 042 GAPU, beserta jajaran atas bimbingan kepada Menwa Sultan Thaha Jambi untuk dukungan kegiatan ini”, pungkas Hidayat. (Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait