Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai Kunjungi Polsek Muara Tembesi, Pangdam Berpesan Unsur Tripika Tetap Netral Hadapi Pilkada Serentak  Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Pangdam II Sriwijaya Pangdam Sriwijaya Apresiasi Kapolda Jambi Dalam Antisipasi Karhutla Melalui Aplikasi Asap Digital

Home / Kodim Kerinci

Kamis, 13 Agustus 2020 - 13:49 WIB

Dandim Kerinci Ajak Semua Pihak Cegah Karhutla

KOREM 042 GAPU – Sungai Penuh, Dandim 0417/Kerinci Letkol Czi Fitriadi mengajak semua pihak agar bekerja sama dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) karena sudah menjadi suatu bencana yang tidak bisa di tanggulangi oleh satu pihak saja.

“Untuk itu perlu kerja sama semua pihak baik TNI, Polri, Pemerintah maupun masyarakat menuju suatu daerah bebas asap,” katanya disela-sela sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aula Makodim 0417/Kerinci, Kota Sungai Penuh, Rabu (12/8/2020).

Lanjutnya, dari pihak TNI telah melakukan pencegahan di desa yang rawan dengan menyosialisasikan kepada masyarakat dan penanganan dini bila terjadi Karhutla.

Pencegahan kebakaran hutan dan lahan tidak hanya menjadi kewajiban bagi TNI, Polri maupun Pemerintah saja, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama.

Baca juga :  Dandim Kerinci Hadiri Peresmian Kecamatan Tanah Cogok dan Danau Kerinci Barat

“Pencegahan Karhutla menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat, demi kesuburan dan kemakmuran, hal ini diperlukan kerjasama oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dalam menciptakan wilayah kita terbebas dari asap”, ujarnya.

Tantangan besar sudah menanti, sinergitas para stakeholder perlu dijaga untuk memastikan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh tanpa Karhutla dan Kabut Asap, karena persoalan kebakaran hutan dan lahan mendapat perhatian serius oleh Presiden Jokowi, harapnya.

Perlu kita ketahui bahwa bencana alam yang terjadi di wilayah Indonesia yaitu bencana metrologi dan klimatologi seperti bencana banjir, tanah longsor serta kebakaran hutan dan lahan, sehingga perlu adanya kesiap-siagaan kita sebagai aparat.

Baca juga :  TNI Turut Mencari Warga yang Hilang di Kawasan Danau Kaco Lempur

“Setiap bencana, hal itu terjadi karena efek global warning, perubahan iklim dunia yang terjadi selama ini sehingga kejadiannya tidak bisa diprediksi oleh pihak Badan Meteorologi dan Geofisika,” katanya.

Oleh karena itu, dalam menanggulangi bencana tersebut kita harus siap tanggap terhadap kemungkinan terjadi, kemudian harus merespon setiap kejadian bencana tersebut dan harus mengatasi kejadian tersebut dengan menggalang stakeholders ataupun masyarakat di lokasi bencana sehingga setiap kejadian bencana dapat segera diatasi, tegasnya. (*/)

Share :

Baca Juga

Kodim Kerinci

Dandim Kerinci Hadiri Seminar Nasional dan Rakernas II PB HKKN

Kodim Kerinci

Tarik Minat Pelajar Masuk TNI-AD, Koramil Danau Kerinci Gencar Sosialisasi

Kodim Kerinci

Kodim 0417/Kerinci Gelar Perlombaan Saka Wira Kartika Tahun 2020

Kodim Kerinci

TNI Turut Mencari Warga yang Hilang di Kawasan Danau Kaco Lempur

Kodim Kerinci

Tingkatkan Kemampuan Prajurit Satkowil, Kodim Kerinci Gelar Latihan Tehnis Teritorial

Kodim Kerinci

Jelang New Normal, Dandim 0417 Kerinci Bersama Satgas Gugus Tugas Gencar Sosialisasikan Disiplin Protokol Kesehatan Covid -19

Kodim Kerinci

Dandim Kerinci : TMMD Merupakan Implementasi Nyata dari Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Kodim Kerinci

Silaturahmi Pangdam II Sriwijaya dengan Unsur Forkopimda dan Tokoh-tokoh Masyarakat Kota Sungai Penuh