by

Danrem 042/Gapu Ajak Keluarga Besar TNI Untuk Menjaga Wilayah Jambi Agar Tetap Aman dan Kondusif

JAMBI,korem042gapu.mil.id – Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudy menggelar Silaturahmi dengan keluarga besar TNI (KBT) bertempat di Balai Prajurit Makorem 042/Gapu Jambi, Kamis pagi (17/10/2019).

Dalam kesempatan pertemuan yang dihadiri lebih dari 100 orang ini, Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy menyampaikan kepada seluruh Keluarga Besar TNI yang ada di wilayah Jambi agar tetap menjalin hubungan emosional yang lebih harmonis dengan Korem 042/Gapu demi mendukung tugas pokok TNI AD, dan juga menyamakan persepsi serta mewujudkan kesamaan visi dan misi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga sinergitas antara Korem 042/Gapu dengan KBT dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

“Kegiatan pertemuan ini bertujuan sebagai forum silaturahmi sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara para prajurit TNI-AD yang masih aktif dengan para sesepuh, senior dan Keluarga Besar TNI serta untuk memelihara hubungan antara prajurit jajaran Korem 042/Gapu dengan keluarga besar TNI yang lebih harmonis serta menggugah dan mengajak keluarga besar TNI untuk berpartisipasi dalam menyikapi dan mengatasi sejumlah permasalahan bangsa,” tegas Danrem.

Lebih lanjut Kolonel Elphis mengajak kepada seluruh KBT untuk menjaga wilayah Jambi agar tercipta kondisi dan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, dimana pada tanggal 20 Oktober tahun 2019 yang akan datang bangsa kita akan mempunyai hajat besar, yaitu Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019. “Kita kawal pelaksanaan pelantikan ini dengan menjaga situasi wilayah dalam keadaan aman dan kondusif,” terangnya.

Danrem pun mengatakan bahwa TNI memiliki tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara, yang harus dilandasi dengan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Keberadaan Keluarga Besar TNI sangat berperan dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk makin kokoh dan solid. “Mari, kita bangun nasionalisme dan semangat bela negara dalam kehidupan bermasyarakat ini.

Sebagai bhayangkari negara, institusi TNI akan selalu terbuka dalam menerima saran dan masukan positif dari berbagai pihak. “Kami berharap, saran dan masukkan konstruktif (membangun) juga dapat diberikan secara rutin oleh Keluarga Besar TNI ini.

Kondusifitas wilayah di Jambi sudah terwujud dengan baik. Kendati demikian, dirinya menghimbau seluruh Keluarga Besar TNI untuk tidak mudah terlena begitu saja. “Kewaspadaan harus tetap dijaga, mengingat masih ada upaya-upaya dari kelompok terorisme serta berbagai macam paham radikal. Ini menunjukkan bahwa kepedulian kita sebagai warga negara perlu dibangkitkan lagi dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Melalui acara pertemuan ini, TNI bersama Keluarga Besar TNI dan masyarakat, bisa melahirkan konsep berpikir, bertindak dan berjuang hanya untuk kepentingan bangsa dan negara. “Penerapan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pribadi, keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara akan melahirkan pribadi-pribadi yang memiliki ketahanan jiwa kebangsaan yang kuat, tidak mudah menyerah, mundur dan terombang-ambing oleh budaya asing, kata Danrem.

Danrem pun mengingatkan bahwa dalam kehidupan keluarga besar TNI juga tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi, termasuk penggunaan Gadget untuk bermedia sosial. Memang kita akui bahwa penggunaan media sosial oleh keluarga besar TNI, sedikit banyak telah membantu meningkatkan kepekaan, kepedulian dan wawasan KBT terhadap perkembangan dinamika situasi di seantero dunia, namun karena sifatnya yang terbuka dan merupakan ruang publik yang mudah diakses siapa saja, jika tidak dilakukan dengan benar, cermat dan waspada, maka penggunaan media sosial juga dapat membawa hal buruk, bahkan membahayakan bagi diri pribadi maupun organisasi.

Permasalahannya bukan kenapa dan bagaimana kita menggunakan media sosial tetapi bagaimana kita memanfaatkan media sosial secara tepat dan bijak. Tidak ada larangan penggunaan media sosial. Tetapi pastikan pemanfaatan media sosial membawa manfaat positif dan konstruktif bagi kita semua.

Terakhir Danrem berpesan, berpikirlah sebelum bertindak, Media Sosial mengubah wajah dunia informasi tak terbendung namun adalah penting jangan mudah percaya atas berita yang anda baca sehingga ingin segera menyebarkannya. Cek kebenarannya jangan lakukan jika bersifat fitnah, menebar kebencian atau memecah-belah. Jadilah penebar kedamaian serta manfaatkan Medsos untuk Membangun dan Menjaga Kedaulatan Bangsa, tutur Danrem.

Hadir pada acara silaturahmi tersebut diantaranya Para Dan/Kabalakrem 042/Gapu, Kasi dan Pasi Korem 042/Gapu, para perwira Korem 042/Gapu, Ketua PEPABRI Prov. Jambi, Ketua LVRI Prov. Jambi, Ketua PPAD Prov. Jambi, Ketua PERIP Prov. Jambi, Ketua PIVERI Prov. Jambi, Ketua FKPPI Prov. Jambi, Ketua HIPAKAD Jambi, para Purnawirawan TNI di wilayah Jambi.(penremgapu)

admin

Penulis : Staf Penerangan Korem 042 Gapu
Editor : Kapenrem 042 Gapu Mayor Inf Firdaus
Penanggung Jawab : Kasrem 042 Gapu Letkol Arh Harry Sasono Utomo, SH
Suport IT : Fendi Tungkal
admin

Comment

Berita Terkait