LIVE TV
Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi, Danrem Bersama Kapolda Jambi hadiri Rakor Pencegahan Karhutla Korem 042/Gapu Gelar Pembinaan Zona Integritas Vaksinasi Tahap Dua, Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli : “Lebih Enak, Tidak Terasa Apa – Apa”

Home / Berita Korem

Senin, 20 Juli 2020 - 19:54 WIB

Danrem 042/Gapu : Cegah Karhutla Sebelum Terjadinya Kebakaran

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli bersama Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla Prov Jambi Tahun 2020, di ruang rapat Makorem 042/Gapu, Jl. Jend Urip Sumoharjo Kota Jambi, Senin (20/07/2020).

Agenda Rapat Koordinasi Pengendalian Karhutla di Prov Jambi Tahun 2020 ini mendengarkan paparan kesiapan Kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari tentang Penyusunan rencana kerja dalam penanggulangan Karhutla, Dukungan anggaran dan Kesiapan Personil dan peralatan guna mendukung penanggulangan bencana Karhutla di Prov Jambi.

Rapat diikuti Kalak BPBD Prov Jambi, Kadis Perkebunan Prov Jambi, Kadis Kehutanan Prov Jambi, Kepala BMKG Jambi, Wakil Bupati Tanjab Barat, Wakil Bupati, Kapolres dan Kalak BPBD Tanjab Timur, Wakil Bupati, Kapolres dan Kalak BPBD Muaro Jambi, Kapolres, Kalak BPBD dan Asisten 1 Setda Batanghari serta Dandim 0415/Batanghari dan Dandim 0419/Tanjab.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan bahwa Ancaman-ancaman yang akan di hadapi harus dilaksanakan melalui manajemen yang terukur dalam hal penanganan Karhutla.

Baca juga :  Ratusan Personel TNI di Jambi, Perangi Covid -19 Dengan Penyemprotan Disinfektan

Sesuai dengan Arahan Presiden RI, Jokowidodo, jangan sampai api membesar baru dipadamkan, 99 % kebakaran hutan merupakan ulah manusia, penataan ekosistem gambut dilakukan secara konsisten.

Sementara Intruksi Kapolri antara lain lakukan mapping hotspot, lakukan langkah antisipasi Karhutla dan tindak tegas pelaku Karhutla.

Memodifikasi sistem tahun 2019 untuk saat ini memantau melalui 4 satelit  dan sisi tv untuk memantau percepatan data di lapangan untuk saat ini sudah 7 terpasang sisi tv.

Sejak tanggal 1 Juli sudah status siaga darurat, ujar Kapolda.

Diharapkan Bupati, Kapolres dan Dandim mengupayakan 1 lokasi menyiapkan tempat untuk penempatan pasukan dan alat, perhatikan Perlengkapan perorangan seperti oksigen untuk pasukan. Proyek BRG  tentang sumur bor dan Kanal sudah dibuat tanda medan dengan harapan  sumur bor airnya ada, Indentifikasi lokasi kebakaran dan apa yang akan dilakukan Pemerintah daerah serta susun rencana  jangka panjang dalam manajemen penyediaan air  dengan melibatkan PUPR, tegasnya.

Baca juga :  Korem 042/Gapu Gelar Upacara Bendera Bulanan Awal Tahun 2020

Pada kesempatan lain Danrem 042 Gapu, Brigjen TNI M. Zuliifli mengatakan bahwa untuk tahun ini diharapkan ada terobosan penanganan Karhutla. Lakukan tindakan pencegahan karena prediksi dari BMKG bahwa Kemarau akan terjadi pada bulan Agustus dan September, untuk itu Tahun 2021 kita siapkan tindakan strategis seperti menyiapkan sarana ketersediaan air melihat pengalaman di tahun sebelumnya menjadi rencana kedepan.

Untuk efisiennya, Pencegahan Karhutla hendaknya dilakukan sebelum terjadinya kebakaran. Perlu adanya standarisasi peralatan yang harus di miliki Kab/Kota sehingga perlu dukungan dan bantuan Kabupaten/Kota.

Terakhir Danrem menjelaskan bahwa memasukkan pasukan ke lokasi-lokasi rawan Karhutla menjadi langkah pencegahan dan berkolaborasi dengan klaster yang telah di bentuk serta perlu dukungan riil dari Kabupaten dalam bentuk penempatan pasukan, pungkasnya. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Lawan Pandemi Covid-19, Korem 042/Gapu Berkomitmen Disinfeksi fasum dan fasos Sampai Pandemi Berlalu

Berita Korem

Danyonif R 142 dan Danyonif RK 744 Lakukan Tanda Tangan Memorandam Serah Terima Satgas Pamtas RI – RDTL

Berita Korem

Danrem Apresiasi Kinerja Tim Patroli Gabungan Darat Satgas Karhutla Prov Jambi

Bakti TNI

Danrem 042 Gapu Tinjau Pembangunan Jalan Desa Sungai Keradak

Berita Korem

Panglima TNI: 91.817 personel TNI dan 109 Rumah Sakit TNI Disiapkan Untuk Program Vaksinasi

Berita Korem

Hadapi Pandemi Covid -19, Danrem Gapu dan Kapolda Jambi Sepakat Himbau Masyarakat Agar Tetap di Rumah Saja

Berita Korem

Pasi Wanwil Korem 042 Gapu Hadiri Puncak Peringatan Hari Pahlawan oleh DPD IWAPI Jambi

Berita Korem

Pangdam II/Swj Sambangi Koramil Mestong