LIVE TV
Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu Ikuti Sosialiasi Perumahan dan Alat Keseahatan Danrem 042/Gapu Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla Tahun 2022 Kasrem 042/Gapu Ikuti Rapurna TMMD ke 43 Tahun 2022 Secara Virtual LAFKI Jakarta Melaksanakan Survey Akreditasi Di RS dr Bratanata Jambi Demi Menjamin Mutu Dan Keselamatan Pasien 1000 Prajurit TNI AD Dikerahkan Untuk Penanganan Awal Gempa Cianjur

Home / Korem 042

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 13:14 WIB

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Jambi, korem042gapu.mil.id – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Jl. Jend. Ahmad Yani No.1, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Sabtu (1/10/2022).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, dipimpin Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I. selaku Inspektur Upacara dan diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, Satpol PP, Instansi Pemerintah dan perwakilan Mahasiswa serta Pelajar Kota Jambi.

Demikian dikatakan Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta dalam keterangan tertulisnya.

Usai upacara, Wakil Gubernur Jambi mengatakan sesungguhnya masyarakat harus memberikan contoh dan meyakini Kesaktian Pancasila, pasalnya Pancasila mampu mempersatukan bangsa dan negara sampai saat ini.

Baca juga :  Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Pandemi Covid-19, Danrem 042/Gapu Menekankan Kepada Anggota Untuk Jaga Kebugaran

Pancasila bisa direalisasikan dan diterapkan ditengah masyarakat di provinsi Jambi, sehingga penerapan pancasila tidak hanya seremonial saja yang selalu diperingati setiap hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila ini bisa dijadikan momentum untuk bangkit bersama dalam membangun bangsa dan negara indonesia, Harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu saat dikonfirmasi awak Penrem 042/Gapu mengatakan, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila menurut Brigjen Supriyono, sangat erat kaitannya dengan peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ingin mengganti Ideologi Pancasila dengan Paham Komunis.

Baca juga :  Babinsa Koramil 416-07/Rimbo Bujang Dampingi Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Mencapai Herd Immunity

Pemberontakan yang dinamai dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada tahun 1965 itu, menyebabkan gugurnya enam orang Perwira Tinggi dan satu Perwira Menengah TNI AD yang saat ini disebut Pahlawan Revolusi.

“Karena itu, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa Pahlawan Revolusi,” ujar orang nomor satu di Korem 042/Gapu itu.

“Peringatan ini juga sangat penting sehingga perlu dilaksanakan secara rutin agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Terlihat juga menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Para Kasi Korem 042/Gapu, para Dan/Ka Balak Aju Korem 042/Gapu, Para Pasi Korem 042/Gapu.(penrem 042/gapu).

Share :

Baca Juga

Korem 042

Danrem 042/Gapu Buka Latihan Gabungan Penanganan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Provinsi Jambi Tahun 2022

Korem 042

Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Calon Tamtama TNI AD

Korem 042

Babinsa Amati dan pantau kegiatan VAKSIN supaya lancar

Korem 042

Kapoksahli Pangdam II/Swj Pimpin Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satgas Yonif R 142/KJ

Korem 042

Danrem 042 Gapu Hadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Satria Bhakti

Korem 042

Kasrem 042 Gapu Hadiri Pencanangan Kampung Tangguh Anti Narkoba

Korem 042

Danrem 042/Gapu Pimpin Rakor Persiapan Siaga Darurat Bencana Karhutla di Provinsi Jambi

Korem 042

Kasrem 042/Gapu Tawarkan Solusi Permasalahan Mobilitas Angkutan Batu Bara di Jambi