LIVE TV
Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi, Danrem Bersama Kapolda Jambi hadiri Rakor Pencegahan Karhutla Korem 042/Gapu Gelar Pembinaan Zona Integritas Vaksinasi Tahap Dua, Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli : “Lebih Enak, Tidak Terasa Apa – Apa”

Home / Berita Korem

Jumat, 26 Juni 2020 - 21:29 WIB

Danrem 042/Gapu Pimpin Rakor Persiapan Siaga Darurat Bencana Karhutla di Provinsi Jambi

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Jambi, Dalam percepatan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi, Korem 042/Garuda Putih bersama unsur forkompinda lainnya tengah melakukan persiapan dalam menangani wilayah yang kerap terjadinya kebakaran hutan.

Persiapan ini ditandai dengan dilakukannya Rapat Koordinasi Karhutla di ruang C4IRS Makorem 042/Gapu, Jumat (26/6). Rakor ini langsung dipimpin Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zilkifli didampingi Sekda Prov Jambi Sudirman dan diikuti Kapolda Jambi diwakili AKBP Hotman Tamba, Kadis Kehutanan Ahmad Bestari, Kalaksa BPBD Prov Jambi Bachyuni Deliansyah, Kurnia Ningsih dari BMKG Jambi.

Dalam paparannya, Kasrem 042/Gapu, Letkol Arh Harry Sassono mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyiapkan 500 personel atau 5 SSK.

Baca juga :  Home › INFO MILITER Babinsa Mustapa Sosialisasikan Vaksin Covid-19, Jangan Takut Dan Khwatir

Dalam penanganan Karhutla tersebut juga harus menyiapkan lima langkah, salah satunya yakni strategi dengan mengutamakan pencegahan, patroli, kemudian dengan langkah strategi, sistim dan skil yang di gunakan.

Kemudian, speed dan target juga menjadi faktor dalam penyelesaian dalam penanggulangan dalam penanganan karhutla.

“Displin, patuh dan militan serta kompak dan bersama untuk menghadapi karhutla. Pencegahan selalu diutamakan,” kata dia.

Selain itu juga, pembangunan resort juga dibutuhkan untuk percepatan penanggulangan karhutla, ujar Kasrem.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan diperkirakan musim kemarau ini dimulai dari awal Juli hingga September mendatang. “Kemungkinan Senin akan dilakukan peningkatan status kesiapsiagaan menjadi siaga darurat,” kata M Zulkifli.

Baca juga :  Tim Verifikasi Korem 042 Gapu Datangi Kodim Sarko 

Selanjutnya, pihaknya juga akan melakukan apel siaga darurat dalam percepatan penangan Karhutla pada 2 Juli mendatang.

Memang ada titik kecil api akibat Karhutla yang sudah terpantau. “Tapi sekarang masih kita temukan hujan sehingga api tidak sempat membesar, lahan masih basah,” tambahnya.

Sedangkan untuk anggaran sendiri, Danrem mengatakan itu merupakan kebijakan Pemerintah Pusat nantinya dan juga dari Pemda maupun anggaran yang kita miliki sendiri. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Silaturahmi ke Unbari, Danrem Gapu Ajak Perguruan Tinggi Siapkan Pemimpin Bangsa

Bakti TNI

Danrem 042/Gapu Dampingi Kapolda Jambi Melepas Tim Baksos Serentak Hari Bhayangkara Ke-74

Berita Korem

Danrem 042 Gapu : Jadikan Momen Sumpah Pemuda Untuk Merapatkan Barisan Bersatu Melawan Covid-19

Berita Korem

Jelang Pelaksanaan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19, Danrem 042/Gapu Vicon Bersama Pangdam II Sriwijaya

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Dalam Lawatannya Sambangi Makodim 0420/Sarko

Berita Korem

Perangi Covid 19, Korem 042 Garuda Putih Lanjutkan Penyemprotan Disinfektan Secara Masif

Berita Korem

Danrem 042 Gapu Berikan Wasbang Bagi Kader PMII dan Santri Ponpes Manarul Huda Batanghari

Berita Korem

KSAD Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam di Kalsel dan Sulbar