LIVE TV
Babinsa Koramil 06/Muara Bungo Dampingi Pelaksanaan Vaksinasi PMK pada Ternak Meriahkan Hari Kemerdekaan, Kodim 0419/Tanjab Gelar Pertandingan Antar Koramil Ratusan Prajurit dan PNS Jajaran Korem 042/Gapu Ikuti Pembekalan dan Persiapan Pensiunan Oleh PT. Asabri Danrem 042/Gapu Hadiri Kegiatan Launching Gerakan Sedekah Yatim Kebersamaan TNI dan Warga Desa Laman Panjang Bangun Tugu Pembatas

Home / Korem 042

Selasa, 14 Desember 2021 - 10:10 WIB

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Rombongan Peringati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76

Jambi, korem042gapu.mil.id – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M., pimpin Upacara Ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Kota Jambi, Selasa (14/12/2021).

Ziarah rombongan yang dilaksanakan dengan tujuan selain untuk mengenang jasa para pejuang Pahlawan yang telah gugur, juga merupakan rangkaian menyambut Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76 dan mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit TNI AD untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para Pahlawan yang telah mengharumkan bumi Pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, dikatakan bahwa pelaksanaan Ziarah Nasional ini diawali dengan penghormatan kepada Arwah para Pahlawan dilanjut mengheningkan Cipta dan peletakan Karangan Bunga oleh Danrem dilanjutkan dengan tabur bunga di atas pusara makam Pahlawan Satria Bhakti Kota Jambi oleh seluruh peserta ziarah.

Baca juga :  Bersama Forkopimda, Danrem 042/Gapu Ikuti Peringatan Detik detik Proklamasi Secara Virtual

Usai pelaksanaan upacara Brigjen TNI M. Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua sebagai penerus bangsa untuk penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa, selain itu juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan.

Kegiatan ziarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya bagi Nusa dan Bangsa.

“Bagi prajurit, sejarah adalah kehidupan, karena sebagai prajurit selalu menjalankan tugas yang tidak mudah, meninggalkan keluarga, mengancam jiwa dan bahkan mengorbankan nyawa,” tegas Danrem.

Menurut dia, prajurit harus memiliki semangat dan rela berkorban dalam menghadapi tugas-tugas yang tidak ringan itu, perlu pemahaman tentang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia yang salah satunya melalui ziarah ke makam para pahlawan kesuma bangsa ini.

Baca juga :  Kasrem 042/Gapu Tawarkan Solusi Permasalahan Mobilitas Angkutan Batu Bara di Jambi

Selain prajurit, kata dia, seluruh komponen bangsa juga perlu untuk memahami pengorbanan para pahlawan dan mempelajari sejarah bangsanya.

Dikaitkan dengan peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021, Danrem mengajak seluruh komponen bangsa untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang sejarah bangsa kepada generasi berikutnya.

Melalui momentum peringatan Hari Juang TNI AD ini semua yang ada saat ini bertanggung jawab untuk menggali nilai-nilai sejarah lebih dalam, dan kemudian mentransformasikannya kepada generasi muda, sehingga sejarah tidak hilang dikikis zaman, tandas Danrem.

Ziarah ini dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano, Dandim 0415/Jambi, Para Kasi Korem, Dan/Kasatbalak, Prajurit dan PNS, Mahasiswa Stikes Garuda Putih, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli beserta pengurus dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. (Penrem 042/Gapu)

Share :

Baca Juga

Korem 042

Korem 042/Gapu Siap Amankan Pilkada Serentak Tahun 2020

Korem 042

Satgas Pamtas RI – MLY Yonif Raider 200/Bhakti Negara Peduli

Korem 042

Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 bersama Ibu-Ibu Forkopimda Propinsi Jambi Bagikan Sembako ke Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Korem 042

Korem 042/Gapu Terima Penyuluhan Hukum, Danrem : Hindari Pelanggaran dan Taati Hukum

Korem 042

Danrem 042/Gapu Buka MTT Mekanisme Penatausahaan Hibah Uang

Korem 042

Inisiasi Perkumpulan Cegah Konflik di Wilayah Korem 042 Garuda Putih

Korem 042

Danrem 042/Gapu Hadiri Hari Bhayangkara ke 76 di Lapangan SPN Polda Jambi

Korem 042

Kasrem 042/Gapu Ikuti Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi