LIVE TV
Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra Kasrem 042/Gapu : Aparat Intelijen Harus Memiliki Kemampuan Up to Date Dalam Mengikuti Perkembangan Teknologi Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022 Prajurit Korem 042/Gapu dan Persit Laksanakan Senam Bersama

Home / Korem 042

Sabtu, 2 Juli 2022 - 17:29 WIB

Danrem 042/Gapu Terima Pin dan Keris Sebagai Pembina Adat Melayu Jambi

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP,. M.M menerima Pin dan Keris sebagai pembina adat melayu Jambi pada Acara Puncak Hari Adat Melayu Provinsi Jambi bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (2/7/2022).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 042/Gapu dikatakan bahwa Pin dan Keris tersebut diberikan langsung oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Drs H. Hasan Basri Agus, M.M dan disaksikan oleh Gubernur Jambi Al Haris.

Selain Danrem, juga diberikan kepada Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman serta unsur Forkopimda dan kepala OPD Pemprov Jambi.

Acara Puncak Hari Adat Melayu Jambi yang mengangkat tema “Takkan Melayu Hilang di Jambi,” sebelumnya dilaksanakan pengumuman pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Hari Adat Melayu Provinsi Jambi.

Nampak seluruh tamu undangan memakai baju Adat Melayu yang membuat acara ini terasa lebih khidmat

Acara juga dikemas dengan penyerahan inventarisasi dari Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi kepada Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) sekaligus penyerahan Buku Putih dari Muchtar Latib kepada Ketua LAM dan Gubernur Jambi.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu Pantau Langsung Pelaksanaan Tes Kesehatan Calon Perwira PK TNI 2022

Menurut Ketua LAM Hasan Basri Agus bahwa Hari Adat Melayu Jambi ini telah ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Jambi Nomor : 312/KEP.GUB/ DISBUDPAR-2.3/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Penetapan Hari Adat Melayu Jambi Provinsi Jambi, bahwa tanggal 2 Juli ditetapkan sebagai “Hari Adat Melayu Jambi”.

“Setelah melakukan Rapat Besar Adat Pertama bertempat di Bukit Siguntang Kabupaten Tebo, yang dihadiri langsung oleh Orang Kayo Hitam Rajo Melayu Jambi, Sulthan Bakilat Alam Rajo Minangkabau, Penghulu Kepala Negeri beserta para pemangku adat dan ulama Islam, barulah disepakati pada tanggal 2 Juli sebagai Hari Adat Melayu Jambi, “ujar Hasan Basri.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengajak semua pihak untuk bersyukur kepada Allah atas rahmat kesehatan yang diberikan. Karena acara Hari Adat memiliki momentum luar biasa, LAM Provinsi Jambi saat ini sedang menata diri menyusun Adat – Adat Melayu Jambi.

Baca juga :  Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Pangdam II/Swj

“Kami dari Pemprov mendukung seluruh kegiatan dari LAM dalam menentukan Adat- Adat untuk masyarakat terkhusus untuk Provinsi Jambi, “kata Al Haris.

Pada bulan Juli-Agustus mendatangkan akan diadakan kenduri, di Jambi sendiri banyak sekali nilai budaya yang harus dikaji dan diangkat salah satunya Sungai Batanghari, kata Haris.

“Sungai Batanghari, memiliki sejarah yang sangat luar biasa, dalam rangka perjuangan rakyat Jambi pada jaman dahulu, “lanjutnya.

Dijelaskan, sangat mengapresiasi yang luar biasa kepada LAM, atas kinerjanya dalam membangun ke Jambi Adat Melayu Jambi, semoga kedepannya Adat Melayu Jambi bisa diakui orang banyak.

Dengan dibangun dan diperlihatkan tentang budaya Jambi, semoga Jambi lebih banyak dikenal masyarakat luas.

“Saya berharap LAM bisa memperkaya budaya, membangun negeri yang kita cintai Adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah,”tutupnya. Penrem 042/Gapu)

Share :

Baca Juga

Korem 042

Danrem 042/Gapu Hadiri Pengukuhan Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jambi

Korem 042

Danrem 042/Garuda Putih Pantau Arus Mudik Lebaran 1443 H Di Terminal Bandara STS Jambi

Korem 042

Danrem 042/Gapu Tegaskan Rumkit Tentara Utamakan Layanan Umum Untuk Semua Prajurit

Korem 042

Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai

Korem 042

Berlakukan PPKM Skala Mikro, Babinsa Bersama Instansi Terkait Datangi Pasar Tradisional

Korem 042

Cegah Serangan Siber, Dislitbangad Gelar Seminar Iptek TNI AD TA 2021

Korem 042

Danrem 042/Gapu hadiri Rakor lintas Sektoral Operasi Terpusat Lilin 2020

Korem 042

TNI Buka Pendaftaran Calon Perwira Prajurit Karir 2021 Lulusan D4-S1