LIVE TV
Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mengajar Nilai-Nilai Pancasila Kepada Anak-Anak SD di Perbatasan TNI AD Gandeng PT. Kimia Farma Salurkan Vaksin dan Sembako Danrem 042/Gapu Tinjau Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Di Kabupaten Merangin Danrem 042/Gapu : Tugas Operasi Adalah Kehormatan Dan Kebanggaan Bagi Prajurit Pantau Vaksinasi Anak, Danrem 042/Gapu : Capaian Vaksinasi Di Tebo Luar Biasa

Home / Berita Korem

Kamis, 27 Agustus 2020 - 13:18 WIB

Danrem Gapu : Sukses Tidaknya Penanganan Karhutla dapat Dilihat dari Respon Masyarakat Jambi

KOREM 042 GAPU – Jambi, Patokan satu wilayah, termasuk Jambi lolos dari bencana Karhutla dapat dilihat dari respon masyarakatnya. “Sukses tidaknya penangan karhutla, itu dilihat dari respon dari masyarakatnya, jika masyarakat menilai kebakaran sudah tidak ada, dan aktifitas tidak terganggu, artinya tim kita yang sudah dilapangan beberapa bulan ini sukses menanggulangi karhutla ini”.

Hal tersebut dikatakan Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli kepada awak media usai menerima bantuan alat pemadam kebakaran portabel ransel dan tabung oksigen portabel sebanyak 40 (empat puluh) unit, dari Polda Jambi yang diserahkan langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi kepada Danrem 042/Gapu selaku Kepala Pelaksana Harian Satgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi, di Makorem 042/Gapu, Kamis (27/8/2020).

Lebih lanjut, Danrem menjelaskan bahwa, sejauh ini, penanganan karhutla sudah maksimal. Dia mengakui, lahan yang terbakar tidak lebih dari 200 hektare, yang merupakan lahan perorangan.

Baca juga :  Babinsa dan babinkamtibmas ingatkan warga binaan untuk cegah karhutla

“Dirinya tidak menampik bahwa, faktor cuaca turut membantu penanganan karhutla Tahun 2020 ini”.

Untuk perbandingan, Tahun 2019 lalu, sekitar 11.376 lahan terimbas karhutla, sementara pda Tahun 2020, tidak leboh dari 200 hektare lahan terbakar.

Secara prosedural, kata Zulkifli, sejumlah perusahaan di Jambi telah mengikuti aturan, hal tersebut diketahui, setelah dirinya bersama seluruh Babinsa di wilayah masing-masing melakukan pengecekan ketersediaan alat pemadam kebakaran

“Jadi kita hanya akan memantau dan mengontrol kondisi dari alat disetiap perusahaan tersebut, kita lihat standarisasinya, apakah layak guna atau tidak,” terangnya.

Sebelumnya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi, Firman menjelaskan, sinergitas TNI-Polri, bersama dengan instansi terkait menjadi faktor penting, dalam penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi Tahun 2020.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara 17-an

Kerjasama antar elemen ini terus terjalin, sejak Provinsi Jambi memasuki siaga darurat bencana karhutla 2020.

Kemudian kata Firman, selain kerjasama dan sumbangsih seluruh personil dan relawan, ketersediaan alat dan akses menjadi hal utama untuk menghindari Jambi terhindar dari kabut asap akibat karhutla seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga dengan bantuan ini kita dapat menanggulangi karhutla dengan maksimal,” kata Firman.

Selain bantuan alat dari Polda Jambi, Satgas Karhutla Provinsi Jambi juga menerima pompa air sentrifugal, Honda Wolf, dan GP 160 dari Balai Sungai Wilayah Sungai Sumatera VI.

Acara penyerahan alat pemadam kebakaran kepada Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi, tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Prov Jambi, Johanis Tanak dan Kepala Balai Sungai Wilayah Sungai Sumatera VI Nurfajri. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

TNI Kerahkan Personel dan Alutsista Dalam Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Bersama Wakapolda Jambi Distribusikan Sembako Untuk Masyarakat Terdampak PPKM Level 4 Di Sepanjang Aliran Sungai Batanghari

Berita Korem

Cegah Peningkatan Covid 19, Korem 042 Gapu Laksanakan Rapid Antigen

Berita Korem

Korem 042/Gapu Gelar Werving Calon Secaba PK TNI AD 2020, Sesuai Protokol Kesehatan

Berita Korem

Kasrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2021

Berita Korem

TNI AD Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Berita Korem

Gelar Patroli, Babinsa Imbau Warga agar Memakai Masker

Berita Korem

Himbau Prokes, Babinsa Tanah Tumbuh Komsos dengan Perangkat Desa Ujung Tanjung