Dandim 0420/Sarko : Masyarakat Masih Banyak Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan Jaga Sinergitas TNI – Polri Gowes Bersama Menyapa Warga Danrem Gapu Hadiri Penandatangan Pakta Integritas dan Gakkum Penerapan Prokes Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jambi Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai

Home / Berita Korem / bidang Operasi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:28 WIB

FGD Dalam Rangka Mencari Solusi Permanen Penanganan Karhutla di Jambi

Jambi (KOREM 042 GAPU) – Dalam rangka Mencari solusi permanen penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi, Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli menjadi salah satu narasumber pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang di gelar di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Jambi, Selasa (20/10/2020).

FGD yang dibuka oleh Plt Gub Jambi, Ir. Restuardy Daud, MSc, tersebut, juga mendatangkan Narasumber selain Danrem 042/Gapu, juga Kapolda Jambi diwakili Dirkrimsus Ditreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edy Faryadi, Rektor Unja yang diwakili Bambang Irawan dan LSM KKI Warsi sdr. Rudysaf.

Diskusi ini dilakukan untuk mencari solusi yang tepat untuk mengantisipasi dan melakukan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi secara permanen sehingga tidak berulang setiap tahunnya.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI Berkaitan Dengan Karhutla

Dari hasil penyampaian dari beberapa Narasumber pada FGD tersebut, didapat kesimpulan bahwa penanggulangan kebakaran hutan dan lahan memprioritaskan kegiatan pencegahan sesuai dengan arahan presiden melalui Inpres No 03 tahun 2020.

Selanjutnya, peserta FGD mendukung penggunaan aplikasi ASAP Digital untuk penanganan Karhutla, juga membentuk tim kecil untuk berdiskusi dengan tim besar di LHK untuk mencari solusi yang permanen.

Membentuk secara permanen Satgas Darat, Udara dan tersedianya anggaran, memprioritaskan anggaran baik itu anggaran APBD, APBN dan CSR maupun dana desa untuk kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa di desa rawan Karhutla.

Baca juga :  Dandim 0420/Sarko : Masyarakat Masih Banyak Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan

Mengambil langkah-langkah penegakan hukum secara proporsional baik itu terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan baik itu perusahaan maupun perorangan, mencabut izin perusahaan yang tidak mematuhi kewajibannya.

Menjaga dan meningkatkan pengawasan hutan terutama kawasan hutan konservasi dan hutan lindung, memberikan insentif dukungan kepada petani tradisional yang membuka lahan tanpa bakar, lahan kosong harus dikelola dan dikerjakan serta dijaga sepanjang waktu.

Terakhir, optimalisasi penanganan Karhutla berdasarkan Clustering perusahaan serta meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam penanganan Karhutla. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Kasrem 042 Gapu Pimpin Sidang Pankar Usul Kenaikan Pangkat

Berita Korem

Waaspers Kasad Tinjau Pembangunan Rumah Prajurit di Jambi

Berita Korem

Kasad Pimpin Alih Kodal Yonzikon 11/DW & Laporan Korps 19 Perwira Tinggi TNI AD

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Pimpin Sertijab Dandim 0419/Tanjab

Berita Korem

Danrem 042/ Gapu Ziarah ke Makam Perintis RS Tentara dr. Bratanata

Berita Korem

Pasi Wanwil Korem 042 Gapu Hadiri Puncak Peringatan Hari Pahlawan oleh DPD IWAPI Jambi

Berita Korem

Danrem 042 Garuda Putih Tegaskan Agar Prajurit Kompi Senapan B Yonif R 142/KJ Tanamkan Jiwa Korsa dan Ciptakan Lingkungan yang Harmonis

Berita Korem

Sambut Hari Kemerdekaan RI Ke – 75, Persit KCK Jambi Gelar IVA Test Gratis