oleh

Gunakan Sepeda Motor, Dandim Tanjab Pantau Wilayah Rawan Karhutla

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto di dampingi Danramil Tungkal Ilir Kapten Inf Suseno bersama Babinsa di Wilayah Kecamatan Senyerang dan anggota BPBD Tanjab Barat melakukan pemantauan dan Sosialisasi untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi.

“Pemantauan ini kita lakukan sebagai bukti keseriusan kita terkait dengan bencana Karhutla dan mengajak masyarakat agar memahami bahayanya Karhutla,” kata Dandim Tanjab, Jumat (20/3/2020).

Sambil mengendarai Sepeda Motor, Dandim dan rombongan menyusuri jalan tanah sambil patroli untuk memantau daerah yang rawan terjadinya karhutla sekaligus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak antisipasi terjadinya karhutla.

Lebih jauh Dandim menambahkan, karhutla bisa terjadi karena ulah manusia. Antisipasi, hal yang lebih baik daripada menangani kejadian. “Kami berpesan dengan adanya bencana karhutla di wilayah Senyerang tahun 2019 lalu, kami himbau saatnya sekarang untuk tidak lagi melakukan pembakaran hutan dan lahan karena dampaknya akan luar biasa,” pesan Dandim.

Komandan Kodim Letkol Inf Erwan, Menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur, untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

“Selain dapat merusak lingkungan beserta ekosistemnya, juga dapat menimbulkan kebakaran, bahkan asap dari kebakaran itu mengakibatkan gangguan kesehatan bagi kita semua,” tegas Letkol Inf Erwan.

Selain itu, Dandim juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan.

“Ya, bukan hanya membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar saja, tapi jangan pula buang puntung rokok di semak belukar, kebun maupun di hutan karena dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sanksi hukumnya jelas lho,” ujarnya.

Mengakhiri himbauannya, Dandim berpesan, agar sebaiknya sampah dedaunan di tanam sehingga menjadi pupuk kompos yang nantinya akan meningkatkan kesuburan tanah sekaligus menyuburkan tanaman, pungkasnya. (penremgapu)

Komentar

Berita Terkait