oleh

Hadapi Pilkada Serentak, Dandim Tanjab Tekankan Pentingnya Sinergitas

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P, mengingatkan pentingnya membangun sinergitas seluruh unsur Pemerintahan Kecamatan serta elemen masyarakat apakah itu unsur dari tokoh masyarakat (Tomas), dan tokoh agama (Toga) di semua lini. Apa yang dilakukan di Kecamatan ini bisa menjadi referensi bagi Kecamatan sampai tingkat desa/kelurahan di Tanjab Barat.

“Kebersamaan terus kita bangun. Kalau semua berjalan kondusif, berseiring antara Forkopimcam dan Toga serta Tomas akan menjadi kebersamaan yang kuat. Hal ini akan menjadi pondasi bagaimana membawa Tanjab Barat lebih maju dan unggul,” ujar Letkol Erwan saat memberikan pengarahan pada kegiatan penyuluhan dan Himbauan Kamtibmas dalam menghadapi Pemilu dan Peningkatan kepedulian dalam rangka Tanggap bencana Karhutla, di Aula kantor Camat Batang Asam, Selasa (10/3/2020).

Erwan menjelaskan sinergitas antara dirinya dengan Bupati dan Kapolres serta unsur Forkopimda Tanjab Barat agar membangun strong partnership. Selain itu, hubungan dengan Toga dan Tomas juga harus harmonis.

Menurutnya, sinergitas ini penting untuk terus dijaga dan diperkuat di Tanjab Barat. Sehingga suasana kondusif, aman, damai dan terkendali dapat tercapai. Erwan juga berharap sinergitas ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemudian menurunkan angka kemiskinan dan menekan angka pengangguran.

“Apa yang kita harapkan dari pertumbuhan ekonomi akan meneteskan kesejahteraan yang baik, menurunkan kemiskinan yang signifikan, menurunkan pengangguran yang signifikan pula. Itu baru bisa didapatkan dari suasana yang kondusif, aman, damai dan terkendali,” jelasnya.

Erwan menyebut, pada dasarnya implementasi tiga pilar strategis di jajaran pemerintahan daerah baik provinsi, kabupaten/kota dan Kecamatan harus terkonsolidasikan dari berbagai dinamika yang muncul, serta kesiapan-kesiapan apa yang akan menjadi agenda di masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Erwan juga mengingatkan kepada para hadirin bahwa pada tahun 2020 ini akan dilaksanakan Pilkada Serentak 2020 yang dihelat pada September 2020 mendatang.

Erwan memaparkan, pihaknya bersama Bupati dan Kapolres terus melakukan antisipasi terkait Pilkada Serentak 2020. Semua hal ini dilakukan antara lain untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang aman damai dan kondusif.

“Hari ini saya bersama Kapolres berada di tengah – tengah warga Kecamatan Batang Asam melakukan antisipasi. Juga dengan elemen strategis lain juga disampaikan tolong Jaga Tanjab Barat khususnya kecamatan Batang Asam, tolong jaga demokrasi agar berjalan kondusif dan berkualitas,” paparnya.

Menyangkut Karhutla, Dandim mengingatkan agar seluruh warga bersama aparat setempat meningkatkan kepedulian dan tanggap akan bencana Karhutla di wilayah Batang Asam serta bisa membangun Soliditas antara masyarakat dan aparat Pemerintah serta aparat keamanan dalam menjaga dan menanggulangi bahaya Karhutla, pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur saputro S.IK.MH,mengatakan hubungan komunikasi dan sinergitas TNI dengan Polri luar biasa di Tanjab Barat. Pengamanan kegiatan bisa berjalan dengan baik dengan adanya hubungan yang baik TNI/Polri serta elemen masyarakat.

Dijelaskan Guntur, sinergitas merupakan kunci dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan khususnya menjelang Pemilukada Serentak 2020. Dalam rangka mengamankan Pilkada Serentak 2020, pihaknya akan melibatkan seluruh unsur mulai dari personel TNI, Polri serta elemen lainnya.

Terakhir Kapolres berharap agar terbangun sinergitas antar sesama dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Kec. Batang asam dan agar masyarakat cerdas dalam menggunakan media sosial serta menghindari hal -hal yang dapat mengganggu Stabilitas Wilayah dalam rangka menghadapi Pilkada yang sejuk,aman, damai dan bermartabat.

Sebelumnya Dandim 0419/Tanjab bersama Kapolres Tanjab Barat meninjaua serta menyerahkan Tali Asih kepada Bpk Sawot (29), M. Sani (29), Lucky ade putra (19) dan Ikhsan (18) warga Dusun III Simpang rambutan Desa Suban Kec Batang asam yang terkena musibah kebakaran beberapa waktu yang lalu.

Nampak hadir mendampingi dalam kunjungan di wilayah Kec. Batang Asam, Camat Batang asam Bpk Dian Ismail, Danramil 419-02 /TU Kapten Inf Zulkarnain SH, Kapolsek Tungkal Ulu Iptu Dasep Nurdi SH.MH, Kasat Intel Polres Tanjab barat Iptu Edi P, Kasat Sabhara Polres Iptu Sitepu, Anggota DPRD Tanjab Barat Dapil IV Bpk Hamdani SE, para Kades dan Lurah, Toga dan Tomas serta KMPA se Kec Batang asam.(penremgapu)

Komentar

Berita Terkait