oleh

Jaga Keseimbangan Ekosistem, Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bersama Masyarakat Tanam Pohon

-Yonif 142-103 views

Belu, korem042gapu.mil.id – Dalam rangka menjaga dan mempertahankan ekosistem alam dan kualitas udara, personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama warga masyarakat melakukan penanaman pohon di wilayah Dusun Delomil Desa Lamaksenunu Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu NTT.

Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ dalam mengamankan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan.

Kegiatan yang dilakukan oleh personel kami di Pos Delomil merupakan tugas tambahan yaitu tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil), berkoordinasi dan bekerjasama dengan Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi Pemerintah dalam rangka mendukung pembangunan dan mengatasi setiap permasalahan Bangsa yang timbul di wilayah sektor timur perbatasan RI-RDTL.

“Kegiatan penanaman pohon tersebut dipimpin langsung oleh Sertu Medi Efri Yadi selaku Wadanpos Delomil bersama 4 orang personel lainnya, serta masyarakat Dusun Delomil sekitar,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas di Mako Satgas Atambua, Selasa (14/01/2020).

“Penanaman ini sendiri bertujuan untuk menjaga ekosistem alam dan mempertahankan kualitas udara di daerah perbatasan RI-RDTL,” imbuhnya.

“Selain itu untuk mengantisipasi tanah longsor akibat hujan dan menahan erosi tanah yang ditimbulkan akibat derasnya debit air pada saat musim penghujan,” tambahnya.

“Yang tidak kalah penting lagi, tujuan penanaman pohon bersama ini adalah untuk penghijauan alam di tapal batas,” tegas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M

Sebagaimana kita ketahui bersama, daerah perbatasan terdiri dari wilayah pegunungan curam dan perbukitan bebatuan, kurangannya perpohonan serta dinding sungai yang curam dapat mengakibatkan longsor tanah.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan penanaman pohon secara bersama-sama ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan alam, sehingga kondisi hutan yang gundul dapat hijau kembali,” ucap Dansatgas.

“Jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon gambal yang berjumlah sekitar 250 batang bibit yang ditanam di sepanjang tanggul penahan abrasi,” tegasnya lebih lanjut.

“Kami berharap pohon yang kita tanam ini dapat tumbuh subur, karena penanaman ini sengaja kita lakukan pada saat musim penghujan,” harapnya.

Terpisah, Bapak Yonas (38) selaku Kepala Desa Lamaksenunu mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personel Pos Delomil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ.

“Saya mewakili masyarakat Desa Lamaksenunu khususnya Dusun Delomil mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah menjadi motivator dalam kegiatan penghijauan alam di tapal batas bersama warga masyarakat desa kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Sertu Medi Efri Yadi selaku Wadanpos Delomil menyampaikan harapannya terhadap warga masyarakat Desa Lamaksenunu terkait kegiatan penanaman pohon yang telah dilaksanakan secara bersama-sama.

“Kami berharap kepada seluruh warga masyarakat di tapal batas agar dapat merawat dan menjaga pohon yang telah kita tanam secara bersama-sama,” tandasnya.(penremgapu)

Komentar

Berita Terkait