LIVE TV
Prajurit dan PNS Korem 042/Gapu Ikuti Sosialiasi Perumahan dan Alat Keseahatan Danrem 042/Gapu Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla Tahun 2022 Kasrem 042/Gapu Ikuti Rapurna TMMD ke 43 Tahun 2022 Secara Virtual LAFKI Jakarta Melaksanakan Survey Akreditasi Di RS dr Bratanata Jambi Demi Menjamin Mutu Dan Keselamatan Pasien 1000 Prajurit TNI AD Dikerahkan Untuk Penanganan Awal Gempa Cianjur

Home / Korem 042

Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:10 WIB

Kasrem 042/Gapu Hadiri Launching BTPKLW Secara Virtual

Jambi, korem042gapu.mil.id – Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M.Yamin Dano di dampingi Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf J Hadiyanto hadiri Launching Pembagian Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) TNI tahun 2021 secara virtual dari Kantor Wali Kota Jambi, Rabu (13/10/2021).

Acara Launching Penyerahan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) tersebut dibuka secara resmi oleh
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, bertempat di Gedung AEKI Jln. Diponegoro Kel. Talang Semut Kec. Bukit Kecil Kota Palembang.

Acara ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Pangdam II/Swj kepada perwakilan Pedagang kaki lima Kota Palembang.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menjelaskan bahwa, program bantuan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah melalui TNI tersebut diperuntukkan bagi masyarakat pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) di wilayah yang berstatus PPKM Level-4, dan dalam pelaksanaannya pemerintah melibatkan TNI dengan pertimbangan keberadaan TNI ada di seluruh wilayah Indonesia dan diharapkan mampu menjangkau pedagang Kaki Lima dan Warung secara tepat sasaran.

Lebih lanjut dikatakan, untuk wilayah Kodam II Swj ada 8 Kodim yang akan melaksanakan penyaluran BTPKLW di wilayahnya yang masuk dalam Level-4 PPKM. Dan penyalurannya dilaksanakan secara serentak mulai hari ini tanggal 13 Oktober sampai dengan 7 November 2021.

“Untuk itu diharapkan kepada masyarakat penerima bantuan agar dapat memanfaatkannya dengan baik”, jelas Pangdam.

Baca juga :  SMA TN Menerima Siswa Baru Jalur Prestasi Sains/Akademis, Olahraga, Seni dan Organisasi

Pangdam juga mengingatkan kepada para Prajurit TNI yang telah dipercaya sebagai petugas penyalur bantuan, agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran dan terhindar dari penyimpangan serta dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku baik dalam pengadaan maupun penyalurannya.

“Harapan pemerintah dengan program ini adalah ekonomi masyarakat segera bangkit dan pulih kembali segera terwujud”, ujar Pangdam.

Acara Launching penyaluran BTPKLW – TNI di wilayah Kodam II/Swj TA 2021 dilaksanakan secara serentak di wilayah Kodam II/Swj.

Program BTPKLW-TNI ini merupakan upaya Pemerintah untuk mengatasi dampak Covid-19 secara menyeluruh kepada masyarakat dengan mempertimbangkan, bahwa masih ada pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan bantuan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro).

Pelaksanaan penyaluran bantuan ini dilaksanakan secara langsung kepada penerima dengan melibatkan anggota TNI dengan pertimbangan percepatan pemberian bantuan dan keterjangkauan yang mencakup seluruh wilayah.

BTPKLW – TNI ini diberikan dalam bentuk uang sejumlah Rp. 1.200.000, secara sekaligus untuk satu kali pembayaran kepada PKL dan pemilik Warung.

Adapun jumlah alokasi penerima manfaat BTPKLW – TNI di wilayah Kodam II/Swj ini berjumlah 24.400 orang, masing-masing ; Kodim 0407/Kota Bengkulu 3.500 orang, Kodim 0415/Jambi 2.700 orang, Kodim 0410/KBL 2.700 orang, Kodim 0401/Muba 1.500 orang, Kodim 0406/LL yaitu Kota Lubuk Linggau 1.500 orang dan Kabupaten Musi Rawas 1.500 orang, Kodim 0418/Palembang 7.500 orang. Kodim 0431/Bangka Barat 1.500 orang, Kodim 0414/Belitung yaitu Kabupaten Belitung 1.000 orang dan Kabupaten Belitung Timur 1.000 orang.

Baca juga :  Kejuaraan Tingkat Dunia Perwakilan TNI, Jokotole Kamal Syarif Hidayatullah Suhaemi Juara Satu Di Malaysia

Terpisah, Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf J Hadiyanto menyampaikan program ini adalah program nasional yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI di Indonesia khususnya satuan teritorial.

“Untuk Kota Jambi sendiri target sasaran yang akan diberikan bantuan ini sebanyak 2.700 orang dengan  masing-masing memperoleh 1,2 juta/orang,” ucapnya.

Terkait penerima bantuan adalah para pedagang kaki lima dan warung yang kurang mampu dan sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan baik BPUM maupun BLT“.

Usai menyalurkan bantuan BTPKLW Walikota Jambi yang diwakili oleh Sekda Kota Jambi Budidaya, mengapresiasi pelaksanaan pembagian bantuan pemerintah pusat yang disalurkan lewat institusi TNI dan Polri yang dilaksanakan dengan tetap mengedepankan prokes ketat.

“Apalagi selama proses penyaluran ini diisi dengan vaksinasi, jadi bagi penerima yang belum vaksin, ketika mengambil bantuan terlebih dahulu mendapatkan vaksin, sebagai langkah kita juga dalam mempercepat cakupan vaksinasi di Kota Jambi,” ungkapnya.

Kepada para pedagang kaki lima dan warung, Sekda juga berpesan agar bantuan yang telah diterima tersebut dimanfaatkan dengan baik.

Adapun yang turut hadir selain Kasrem 042/Gapu, juga Dandim 0415/Jambi Kolonel inf J. Hadiyanto, Kasi Terrem 042/Gapu Kolonel Arh M.Ibnu Sukelan, S.I.P, Kasdim 0415/Jambi Letkol Inf Tri Nugroho, unsur Forkopimda Kota Jambi serta Perwakilan penerima bantuan dan para Danramil Kodim 0415/Jambi. (Penrem 042/Gapu)

Share :

Baca Juga

Korem 042

Danrem 042/Gapu Bersama Forkopimda Provinsi Jambi Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Korem 042

Danrem 042/Gapu : Kehadiran JMSI Diharapkan Mampu Mengedukasi Masyarakat

Korem 042

Danrem 042/Gapu Mengikuti Entry Briefing Melalui Vicon yang Dipimpin Pangdam II/Sriwijaya

Korem 042

Danrem 042/Gapu Buka Latihan Posko I Kodim 0415/Batanghari

Korem 042

Danrem Pimpin Sertijab Dandim 0417/Kerinci dan Danyonif Raider 142/KJ

Korem 042

Wakasad TNI AD, Letjen TNI Herman Asaribab Tutup Usia, Korem 042 Gapu Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Korem 042

Kapenrem 042/Gapu Hadiri Launching Studio Monitoring, Call Center dan Website KPID

Korem 042

Aspers Panglima TNI : Bintal Prajurit TNI Merupakan Motor Penggerak Sikap dan Perilaku Prajurit