LIVE TV
Babinsa Koramil 06/Muara Bungo Dampingi Pelaksanaan Vaksinasi PMK pada Ternak Meriahkan Hari Kemerdekaan, Kodim 0419/Tanjab Gelar Pertandingan Antar Koramil Ratusan Prajurit dan PNS Jajaran Korem 042/Gapu Ikuti Pembekalan dan Persiapan Pensiunan Oleh PT. Asabri Danrem 042/Gapu Hadiri Kegiatan Launching Gerakan Sedekah Yatim Kebersamaan TNI dan Warga Desa Laman Panjang Bangun Tugu Pembatas

Home / Korem 042

Jumat, 23 Juli 2021 - 12:14 WIB

Kasrem 042/Gapu Ikuti Zoom Meeting Bahas Penyusunan Tim Penanggulangan Pengeboran Migas Ilegal

KOREM GARUDA PUTIH – Jambi. Danrem 042/Gapu yang diwakili oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel inf M Yamin Dano mengikuti Zoom Meeting dalam Agenda Penyusunan Tim Koordinasi Penanggulangan aktivitas pengeboran minyak bumi dan Gas bumi ilegal oleh oknum masyarakat Provinsi Jambi digelar di ruang rapat lantai dua Makorem 042/Gapu pada Jum’at (23/7/2021).

Menindaklanjuti usulan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia mengusulkan dibentuknya tim gabungan lintas sektoral guna mengatasi masalah sumur minyak dan gas bumi (migas) Ilegal.

Asisten Deputi II (Bidang Kamtibmas) Kemenko Polhukam Brigjen Pol Dr. Eriadi S.H, M.Si mengungkapkan perkembangan kegiatan pemboran sumur ilegal hulu migas mencemaskan karena selama tiga tahun terakhir, jumlahnya semakin meningkat.

Pendataan yang dilakukan di Kemenko Polhukam menunjukkan pada tahun 2018 terdata 137 kegiatan, kemudian pada tahun 2019 menjadi 195 kegiatan dan pada tahun 2020 meningkat kembali menjadi 314 kegiatan.

Terdapat 8 (delapan) provinsi yang selama ini menjadi titik-titik utama kegiatan ilegal yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Timur, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga :  Danrem 042 Gapu Hadiri Pelepasan Kontingen PON XX Jambi Tahun 2021

Selama ini telah dilakukan penindakan aparat dan telah ditetapkan sejumlah tersangka. Kami mencatat pada tahun 2018 ditetapkan 168 tersangka, kemudian di tahun 2019 ditetapkan 248 tersangka, dan pada tahun 2020 ditetapkan 386 tersangka.

Namun demikian di lapangan kita melihat kegiatan masih saja meningkat. Untuk itu kita harus merubah strategi penanganannya,” kata Eriadi dalam keterangan resminya.

Pada kesempatan tersebut Kasrem 042/Gapu sangat mendukung dibentuknya Tim gabungan tersebut, sebab kegiatan pengeboran ilegal sangat berdampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat serta merusak ekosistem dan populasi lingkungan hidup.

Korem Garuda Putih sangat mendukung pembentukan tim gabungan yang dibentuk oleh pemerintah pusat, agar pelaku dan oknum pengeboran ilegal dapat ditindak sesuai dengan supermasi hukum yang berlaku sehingga kegiatan ilegal itu dapat terhenti.

Tim Intel Korem saat ini sudah bergerak dalam penyelidikan oknum pengeboran ilegal dan sewaktu-waktu jika dibutuhkan akan kita kerahkan pasukan dari Batalyon dan kewilayahan tegas Kolonel M. Yamin.

Baca juga :  Jelang HUT TNI ke-76, Prajurit Korem 042/Gapu Bersihkan TMP Satria Bhakti

Dirjen SKK migas mengucapkan terimakasih kepada Korem 042/Gapu yang selama ini ikut dalam pencegahan terhadap oknum pengeboran di Jambi dan kiranya ikut serta dalam tim yang akan kita bentuk.

“Mari kita bantu pemerintah mensosialisasikan UU No 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, dalam pelaksanaannya Tim akan didukung dengan Peraturan Presiden yang mengatur pembentukan tim gabungan lintas sektoral baik di tingkat pusat maupun daerah, serta Peraturan Menteri ESDM untuk mendorong penegakan hukum di lapangan, dengan memperhatikan aspek lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja.” ujar Prof,Ir,Tutuka Ariadji.

Acara Zoom meeting Secara virtual berjalan sesuai prokes dan diikuti oleh, Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Bupati Batanghari, Bupati Sarolangun, Bupati Muaro Jambi, Kepala SKK Migas, Inspektur V KESDM, Sekretaris Ditjen Migas, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas, Direktur Teknik dan lingkungan Migas, Direktur Pembinaan Program Migas. (Penrem042)

Share :

Baca Juga

Korem 042

Penyerahan Tugas dan Tanggung Jawab Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/ Sriwijaya

Korem 042

Vaksin Tahap II Babinsa Koramil Sungai Bengkal Pantau Pelaksanan Vaksinasi di Wilayah

Korem 042

Peduli Besamo Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Bantu Tenaga Kesehatan

Korem 042

Kasad Terima Laporan Kenaikan Pangkat 16 Pati TNI AD

Korem 042

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Rombongan Peringati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76

Korem 042

Ketua Yayasan Kartika Jaya Korem 042/Gapu Hadiri Paparan Aspers Kasdam II/Swj Secara Virtual

Korem 042

Danrem Apresiasi Kinerja Tim Patroli Gabungan Darat Satgas Karhutla Prov Jambi

Korem 042

Pastikan Kesiapan Pilkada, Danrem 042/Gapu bersama Pjs. Gubernur Jambi Cek Logistik di Gudang KPU Kabupaten Tanjab Barat