JAMBI. Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli bersama Wakil Ketua beserta pengurus mengikuti Peringatan Hari Batik Sedunia secara virtual bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Makorem 042/Gapu, Sabtu (2/10/2021).

Dalam melestarikan budaya dan warisan leluhur yang melimpah tentu perlu dijaga terus menerus kelestariannya agar tidak punah dan terlupakan begitu saja.

Salah satu wujud usaha pelestarian kekayaan budaya di Indonesia adalah dengan adanya peringatan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan setahun sekali yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Populer:  Babinsa Amati dan pantau kegiatan VAKSIN supaya lancar

Perayaan Hari Batik Nasional dimulai sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi.

Peringatan Hari Batik Nasional digelar oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) ini mengangkat tema “Membatik untuk Negeri”, dibuka secara langsung oleh Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo bertempat di Istana Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) dan dihadiri pula oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahyanto, Ketua umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa.

Populer:  Pangdam II/Sriwijaya Buka Pelatihan Operator Aplikasi "Songket"

Dalam sambutannya Ibu Negara menyampaikan, Peringatan Hari Batik Nasional yang kita peringati ini secara virtual karena masih dalam Pandemi Covid 19.

Kita dapat menggunakan pakaian batik dalam hari peringatan Batik Nasional 2021 sebagai upaya mempromosikan batik kepada masyarakat umum.

Populer:  Pangdam II/Swj Dampingi Kasad Beri Kuliah Umum di Universitas Jambi

Tak hanya itu, dengan menggunakan pakaian motif batik dalam keseharian juga dapat digunakan sebagai wujud kebanggaan kita terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Ibu Negara menyampaikan Hari Batik Nasional dan juga waktu peringatannya.

Mari kita ikut berpartisipasi melestarikan keragaman kebudayaan Indonesia agar seluruh kebudayaan Indonesia tidak punah dan tetap ada sepanjang masa, ajak Ibu Negara. (Penrem 042/Gapu)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *