LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Berita Korem

Rabu, 13 November 2019 - 05:47 WIB

Korem 042 Gapu Terima Sosialisasi Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD

JAMBI (KOREM 042/GAPU) – Kegiatan Sosialisasi Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD Satuan Jajaran Korem 042/Gapu oleh Tim dari Rindam II/Swj yang diketuai oleh Mayor Inf Fantri Hariyanto selaku Narasumber di dampingi Mayor Inf Hendra Gunawan, di hadiri Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H, Para perwira Jajaran Korem 042/Gapu, Bertempat di ruang rapat lantai atas Makorem 042/Gapu Jambi, Rabu (13/11/2019)

Kepala Staf Korem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H, mewakili Danrem 042/Gapu, mengatakan bahwa sosialisasi doktrin pelaksanaan Kodal Ops TNI AD ini, bertujuan untuk membantu dalam penyampaian pemahaman tentang doktrin pelaksanaan kodalops TNI Angkatan Darat terutama bila ada kebijakan – kebijakan yang baru dari TNI angkatan darat yang perlu dipahami dan dilaksanakan oleh kita semua.

Komando pengendalian operasi yang efektif dan efisien merupakan salah satu penunjang pencapaian keberhasilan suatu operasi militer. Doktrin pelaksanaan Kodalops TNI AD merupakan jabaran dari doktrin induk operasi yang berisikan tentang tataran, kewenangan, dan status Kodalops serta sistem Kodalops yang meliputi pengorganisasian, Peroses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), fasilitas Kodalops dan Manajemen Informasi, ujar Kasrem.

Baca juga :  Korem Gapu Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Kasrem juga menyampaikan bahwa hal ini sangat bermanfaat bagi perwira staf sebagai wadah penambah pengetahuan dan wawasan dari Tim Rindam dalam menghadapi pelaksanaan tugas kedepan dan juga untuk mendukung pelaksanaan latihan Posko I Korem 042/Gapu yang akan datang sesuai Doktrin Lapangan Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), ucap Kasrem.

Sementara itu Mayor Inf Fantri Hariyanto selaku Narasumber di dampingi Mayor Inf Hendra Gunawan dari Staf Baglat Rindam II/Swj memaparkan tentang Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD dalam penyelenggaraannya selama ini masih berpedoman pada Skep Kasad Nomor Skep/34/I/1986 tanggal 14 Januari 1986 tentang Bujuklap Komando Pengendalian (Kodal).

Dengan berpedoman kepada Jati Diri TNI dan perkembangan TNI AD maka yang berlaku saat ini adalah Skep Kasad No. Kep / 922 / XII /2017 tanggal 4 Desember 2017.

Baca juga :  Persit KCK Koorcabrem 042 Gelar Gerakan Masyarakat Sehat

Lebih lanjut Mayor Fantri juga menyampaikan bahwa Sosialisasi Doklap ini merupakan upaya memodernisasi perencanaan operasi/tempur TNI AD sehingga menjadi semakin sistematis, logis, detail, dan fleksibel dalam mengakomodir alutsista-alutsista baru yang ada TNI AD. Selain itu pula agar pelaksanaan operasi dari tingkat bawah sampai dengan atas menjadi semakin efektif dalam pencapaian tugas pokok untuk menjawab kompleksitas pertempuran yang akan datang.

Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD merupakan jabaran dari Doktrin Induk Operasi yang berisikan tentang tataran, kewenangan dan status Kodalops serta sistem Kodalops yang meliputi Pengorganisasian, Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), Fasilitas Kodalops dan Manajemen Informasi.

“Materi Doklak Kodalops TNI AD pada prinsipnya sangat fleksibel dengan tujuan agar para perwira dan satuan mahir dalam membina serta menggunakan sistem Kodalops, sekaligus mengaplikasikan kepemimpinan baik dalam perannya sebagai Perwira Staf maupun sebagai Komandan serta mampu mengembangkan keyakinan dan pegangannya dalam pelaksanaan tugas”, terangnya. (Penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Ketua Persit Koorcab Rem 042 Imbau Pentingnya Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi

Berita Korem

Tinjau Sasaran Lokasi TMMD 110, Dandim 0415/Batanghari Ajak Awak Media Ikut Lomba Karya Jurnalis

Berita Korem

Prajurit Korem 042 Gapu Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani Kenaikan Pangkat

Berita Korem

Jalin Sinergitas, Kapolda Jambi Pimpin Upacara Gabungan TNI – Polri di Makorem 042/Gapu

Berita Korem

Gelar Jum’at Berkah, Persit KCK Koorcabrem 042 Sambangi Veteran

Berita Korem

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Korem 042 Gapu Gelar Simulasi Latihan Gulbencal Karhutla

Berita Korem

Danrem 042 /Gapu Gelar Video Conference Dengan Dandim Jajaran Terkait Percepatan Penanganan Penyebaran Covid -19

Berita Korem

Korem Gelar Karya Bakti Bersihkan Masjid Al -Falah Cegah Covid-19