LIVE TV
Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi, Danrem Bersama Kapolda Jambi hadiri Rakor Pencegahan Karhutla Korem 042/Gapu Gelar Pembinaan Zona Integritas Vaksinasi Tahap Dua, Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli : “Lebih Enak, Tidak Terasa Apa – Apa”

Home / Yonif 142

Kamis, 19 Maret 2020 - 12:29 WIB

Lestarikan Budaya Leluhur, Satgas Pamtas Yonif R 142 Hadiri Rapat Dewan Adat Desa

BELU. korem042gapu.mil.id – Manunggal bersama rakyat, personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ menghadiri rapat Dewan Adat yang digelar di Balai Kantor Desa Salore Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/3/2020)

Dikatakan Dansatgas, Rapat Dewan Adat yang dihadiri oleh personel Pos Salore pada Senin (16/3/2020) tersebut merupakan peran serta Satgas dalam mendukung program pemerintah desa dalam melestarikan adat istiadat yang ada di wilayah perbatasan RI-RDTL.

“Rapat Dewan yang dilaksanakan di Desa Salore ini dihadiri oleh Kepala Desa Salore Bapak Cristian L. Susuk, Babinsa Koramil 07-1605/Wedomu Serka Cipri M. Moruk, Babinkamtibmas Polsek Tasifeto Timur Bripka A.A. Sanusi, Para Pengurus Dewan Adat setempat, Para Kepala Dusun di Desa Salore serta 50 orang masyarakat setempat,” ujarnya.

Baca juga :  Rayakan Nataru 2020 di Perbatasan, Personel Pos Fohululik Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Bagikan Kado Natal

“Rapat Dewan Adat di Desa Salore tersebut membahas tentang penjelasan ulang tentang aturan-aturan adat yang telah lama berlaku dan sepakati bersama serta merupakan titipan para leluhur setempat,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Letda Inf David Asmara selaku Danpos Salore bersama empat anggota telah mengambil peran untuk mendukung pelestarian adat istiadat yang ada di wilayah perbatasan RI-RDTL.

“Rapat Dewan adat tersebut menghasilkan keputusan dan kesepakatan bahwa aturan adat yang telah dibuat untuk dipatuhi bersama-sama,” tuturnya.

Baca juga :  Tingkatkan Keimanan Di Tengah Pandemi Wabah Covid-19, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Berikan Bantuan AlKitab

“Sehingga diharapkan kedepan tidak ada permasalah intern suku sampai ke Dewan Adat, namun dapat diselesaikan didalam suku itu sendiri,” tambahnya.

Dirinya berharap, kehadiran personel Satgas di tengah-tengah lingkungan masyarakat perbatasan dapat memberikan manfaat serta menjadi motivator dalam menciptakan situasi yang aman dan tentram di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Di tempat terpisah, Bapak Kornelis (50) seorang guru agama yang mengabdikan diri di Gereja St. Pekerja Salore menyampaikan tanggapannya tentang Rapat Dewan Adat yang di gelar di Desa Salore.

“Aturan yg dibuat adalah mutlak harus dipatuhi generasi penerus, karena aturan tersebut adalah warisan dari nenek moyang kita,” tandasnya.(penremgapu).

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Gali Potensi Kemandirian Warga Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Beri Pelatihan Kerajinan Tangan

Yonif 142

Generasi Muda di Tapal Batas dilatih Beladiri oleh Anggota Satgas Raider Yonif 142/KJ

Yonif 142

Jelang Nataru 2020, Satgas Yonif R 142/KJ Periksa Kendaraan di Perbatasan Dengan Humanis

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Bantu Perekonomian Warga Perbatasan Melalui Pelatihan Pembuatan Es Krim

Yonif 142

Wujudkan Stabilitas Keamanan di Perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Yonif 142 Gelar Patroli Bersama

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Amankan Kunjungan Menkopolhukam dan Mendagri di PLBN Motaain

Yonif 142

Pos Asulait Satgas Yonif Raider 142, Rutin berikan Layanan Kesehatan Masyarakat di Perbatasan

Yonif 142

Jelang Berakhirnya Penugasan Pamtas, Satgas Yonif Raider 142 Terima Penghargaan dan Musnahkan Barang Bukti