LIVE TV
Danrem 042/Gapu Terima Pin dan Keris Sebagai Pembina Adat Melayu Jambi Kasrem 042/Gapu Lepas Keberangkatan Satgas Karhutla Provinsi Jambi Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Purna Tugas Kajati Jambi Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Korem 042/Gapu Gelar Baksos Donor Darah Korem 042/Gapu Cek Material Kendaraan Dinas

Home / Berita Korem

Jumat, 8 Oktober 2021 - 05:23 WIB

Momen Prabowo ‘Kawal’ Jokowi saat Upacara Penetapan Komcad

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Jakarta, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2021 di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Prabowo mendampingi Jokowi saat di atas jip melakukan inspeksi barisan pasukan komcad.

Momen ini bermula saat Jokowi turun podium dan bergegas menaiki jip. Prabowo pun mengikuti di belakang Jokowi. Kemudian, keduanya berdiri tegap di atas jip yang dikendarai prajurit perempuan.

Mobil itu pun berkeliling dari ujung ke ujung barisan pasukan Komcad. Jokowi dan Prabowo terlihat memantau kesiapan para prajurit didikan TNI itu.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu Pimpin Apel Kesiapan Pam Unjuk Rasa

Setelah satu putaran, jip kembali ke depan podium. Jokowi pun kembali ke mimbar inspektur upacara. Sementara itu, Prabowo bersiaga tepat di belakang Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi melantik 3.103 orang anggota Komcad. Para tentara cadangan itu adalah warga sipil yang telah menjalani pelatihan dasar militer sejak 21 Juni sampai dengan 21 September 2021.

Jokowi berpesan kepada para anggota Komcad untuk siaga sewaktu-waktu negara memanggil. Ia juga berpesan agar kekuatan Komcad tak digunakan sembarangan.

“Artinya tidak ada anggota komponen cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Perlu saya tegaskan, komponen cadangan tidak boleh digunakan untuk lain, kecuali kepentingan pertahanan,” ucap Jokowi pada upacara di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Baca juga :  77 Putra Terbaik Jambi Lulus Mengikuti Pendidikan Tamtama PK TNI AD Gel II TA. 2020

Komcad adalah tentara cadangan yang dipersiapkan pemerintah. Pembentukan satuan ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021. Rencananya, pemerintah akan merekrut 25 ribu orang ke dalam Komcad.

Pemerintah berencana merekrut 25 ribu orang untuk bergabung ke Komcad. Perekrutan dilakukan secara bertahap mulai awal 2021.(penremgapu).

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Danrem 042/Gapu : Pijak Rem tekan Penularan Covid – 19

Berita Korem

Kasad : Old Soldiers Never Die, They Just Fade Away

Berita Korem

Korem 042/Gapu Gelar Sosialisasi Bidang Perlawanan Wilayah Tahun 2022

Berita Korem

TNI-AD Ambil Alih Lahan Rawan Karhutla di Kumpeh Ulu

Berita Korem

Korem 042/Gapu Terima Kunjungan Edukasi Dari Siswi SMA IT Nurul Ilmi Jambi

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Mengikuti Rapat Koordinasi Pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah

Berita Korem

Korem 042 Gapu Kolaborasi Bersama Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Dalam Penyuluhan Kehidupan Beragama

Berita Korem

Waasops Kasad Bidang Rensops Cek Apel Kesiapsiagaan Satgas Sigap Covid-19 Yonif Raider 142/Kj