LIVE TV
Danrem 042/Gapu Ikuti Vicon Dengan Kasum TNI Bahas Pencapaian Dosis Vaksinasi Pangdam II/Sriwijaya Kunjungi Kodim 0417/Kerinci Panglima TNI : Pengetatan PPKM Level IV Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 Di Jambi Pangdam II/Sriwijaya Tinjau Serbuan Vaksinasi Massal dan Peresmian Gedung Panti Asuhan Bhadar Gapu Jambi Korem 042/Gapu Terima Bantuan Logistik Untuk Penanggulangan Covid-19 Dari Yayasan Kesejahteraan Sentosa

Home / Berita Korem

Jumat, 8 Oktober 2021 - 05:23 WIB

Momen Prabowo ‘Kawal’ Jokowi saat Upacara Penetapan Komcad

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Jakarta, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2021 di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Prabowo mendampingi Jokowi saat di atas jip melakukan inspeksi barisan pasukan komcad.

Momen ini bermula saat Jokowi turun podium dan bergegas menaiki jip. Prabowo pun mengikuti di belakang Jokowi. Kemudian, keduanya berdiri tegap di atas jip yang dikendarai prajurit perempuan.

Mobil itu pun berkeliling dari ujung ke ujung barisan pasukan Komcad. Jokowi dan Prabowo terlihat memantau kesiapan para prajurit didikan TNI itu.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Korem 042/Gapu Gelar Rapid Test

Setelah satu putaran, jip kembali ke depan podium. Jokowi pun kembali ke mimbar inspektur upacara. Sementara itu, Prabowo bersiaga tepat di belakang Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi melantik 3.103 orang anggota Komcad. Para tentara cadangan itu adalah warga sipil yang telah menjalani pelatihan dasar militer sejak 21 Juni sampai dengan 21 September 2021.

Jokowi berpesan kepada para anggota Komcad untuk siaga sewaktu-waktu negara memanggil. Ia juga berpesan agar kekuatan Komcad tak digunakan sembarangan.

“Artinya tidak ada anggota komponen cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Perlu saya tegaskan, komponen cadangan tidak boleh digunakan untuk lain, kecuali kepentingan pertahanan,” ucap Jokowi pada upacara di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10).

Baca juga :  Ini Jadwal Penerimaan Catar Akmil TA 2020 bagi Lulusan SMA

Komcad adalah tentara cadangan yang dipersiapkan pemerintah. Pembentukan satuan ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021. Rencananya, pemerintah akan merekrut 25 ribu orang ke dalam Komcad.

Pemerintah berencana merekrut 25 ribu orang untuk bergabung ke Komcad. Perekrutan dilakukan secara bertahap mulai awal 2021.(penremgapu).

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Sidang Pantukhir Caba PK TNI AD TA 2021

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Berikan Hadiah Pemenang Lomba HUT Dharma Pertiwi

Berita Korem

Danrem Apresiasi Kinerja Tim Patroli Gabungan Darat Satgas Karhutla Prov Jambi

Berita Korem

Kasad Pimpin Sertijab Koorsahli Kasad dan Danpuspomad Serta Menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat Delapan Pati TNI AD

Berita Korem

Danrem 042 Gapu Dampingi Gubernur Monitoring PPKM Level IV di Kota Jambi

Berita Korem

Korem 042/Gapu Kirimkan Ribuan Botol Madu untuk Secapa AD

Berita Korem

Pangdam II/Sriwijaya Buka Acara Webinar Tentang Optimalisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Menuju Masyarakat Produktif

Berita Korem

Demi Kebersamaan, Warga Bagikan Nanas ke Satgas TMMD 110