JAMBI, korem042gapu.mil.id – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., sangat mengapresiasi tugas yang dilaksanakan oleh Satgas Karhutla Provinsi Jambi.

“Tugas adalah amanah, apa yang dilaksanakan Satgas Karhutla merupakan tugas mulia demi keamanan dan kemaslahatan masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Jambi, sehingga bencana karhutla yang dulu dialami tidak akan terulang lagi,” jelas Mayjen Hilman dalam arahannya di Posko Satgas Siaga Darurat Karhutla eks VIP Bandara Sultan Taha Syaifudin Jambi, Jumat (18/11/2022).

Lebih lanjut Pangdam mengucapkan terimakasih kepada Danrem dan seluruh instansi yang terkait dalam Satgas Karhutla, “Selamat bertugas untuk Satgas Karhutla dan ucapan terimakasih kepada seluruh Satgas Karhutla dalam upayanya pencegahan Karhutla di Provinsi Jambi” tutupnya.

Populer:  Danrem 042/Gapu Buka Bimtek Mekanisme Pelaksanaan Anggaran TNI AD

Sebelumnya, ditempat yang sama Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., memaparkan kepada Pangdam tentang Penanggulangan Bencana Karhutla di Provinsi Jambi Tahun 2022.

Danrem menyampaikan bahwa dalam penanggulangan dan Pengendalian bencana karhutla di Provinsi Jambi pada pelaksanaannya dilakukan oleh Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi, dimana Satgas tersebut melaksanakan berbagai kegiatan untuk pencegahan karhutla disejumlah daerah rawan kebakaran di Provinsi Jambi

“Dalam rangka kesiapsiagaan bencana Karhutla di Provinsi Jambi, personel yang tergabung dalam Satgas Karhutla telah diturunkan ke sejumlah titik rawan karhutla,” kata Brigjen Supriono.

Populer:  Kasad Tinjau Langsung Kesigapan Penanganan Bencana di Pasaman Barat

Pengerahan pasukan tersebut dilakukan di enam wilayah rawan Karhutla, pengerahan petugas ke titik rawan karhutla tersebut dilakukan setelah Provinsi Jambi menetapkan status siaga darurat karhutla, melalui Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 420 Tahun 2022, status siaga darurat karhutla di Provinsi Jambi terhitung dari tanggal 24 Mei 2022 sampai dengan 30 November 2022, urai Jenderal Bintang Satu ini..

Pengerahan personel gabungan ke daerah rawan karhutla di daerah itu bertujuan untuk melakukan sejumlah kegiatan pencegahan, antara lain patroli, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar.

Jumlah personel yang dilibatkan pada Siaga Karhutla di daerah itu sebanyak 500 orang, gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni. Terdapat delapan kabupaten yang masuk dalam daerah rawan karhutla berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Satgas Karhutla Provinsi Jambi, imbuhnya.

Populer:  Danrem 042/Gapu Pantau Langsung Pelaksanaan Tes Kesehatan Calon Perwira PK TNI 2022

“Adapun daerah rawan karhutla itu, yakni Kabupaten Muaro Jambi, Batang Hari, Tanjung Jabung Timur, Sarolangun, Merangin, Tebo, Bungo, dan Tanjung Jabung Barat.” tutup Danrem.

Usai dari Posko, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi didampingi Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono dan Ketua DPRD Prov Jambi Edi Purwanto melaksanakan Patroli Udara Karhutla Prov Jambi. (Penrem042gapu)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *