LIVE TV
Kasrem 042/Gapu Hadiri Gelar Operasi Keselamatan Siginjai 2021 Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Pengurus Perbakin Provinsi Jambi Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kantor Polsek Tebing Tinggi Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi

Home / Berita Korem

Sabtu, 9 Januari 2021 - 18:30 WIB

Pangdam III/Slw Uji Coba Kendaraan Hasil Inovasi Prajurit Paldam

Bandung,- Kemajuan teknologi kian hari semakin pesat perkembangannya. Hal tersebut membuat hampir semua aspek kehidupan manusia menjadi terbantu dengan adanya teknologi modern, seperti dalam dunia transportasi.

Beberapa perusahaan yang tengah gencar dengan transportasi masa depan. Ide mereka adalah membuat kendaraan yang tak perlu dikendarai. Ada juga dengan menggunakan software canggih, sebuah mobil dapat berkendara secara otomatis tanpa perlu dikendalikan, atau yang disebut Driverless Car.

Lain hal, dengan karya inovasi yang dilakukan oleh Prajurit dari satuan Bengrah 3 Bandung Paldam III/Siliwangi yaitu Peltu Ujang Setiawan. Ia alumni STM Prakarsa Internasional Bandung, memodofikasi kendaraan dan memanfaatkan dari berbagai kendaraan yang sudah tidak dapat digunakan.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu Ikuti Pelatihan Kehumasan

Peltu Ujang, berinovasi dari kendaraan yang sudah tidak dapat digunakan diantaranya mengambil rangka/casis dan gardan dari motor triseda, untuk mesin dari mesin bekas dongpeng atau mesin diesel, transmisi bekas mobil kijang, as kemudi stir bekas mobil kijang, stir pakai bekas motor GL, sistim rem atau dist brake bekas mobil kijang juga, sementara body membuat dari plat ukuran 08 mm, dan velk bekas motor triseda dan ukuran ban 10 inci.

Selain itu, ia juga memodifikasi kendaraan roda dua menjadi roda empat. Bermula memodifikasi sebuah motor dengan desain yang cukup identik dengan kendaraan roda empat, sejenis kendaraan Buggy.

Baca juga :  Korem 042/Gapu Gelar Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran TA. 2020

Peltu Ujang mengakuinya, ide dan modifikasi kendaraan itu, atas arahan dan bimbingan langsung dari Bapak Kasdam III/Slw Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Ia melaksanakan pekerjaan dibantu oleh empat personel lainnya, ujarnya, Sabtu (9/1/2021).

Tak ayal, hasil kerja dan inovasi mendapat pujian dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. Bahkan Pangdam III/Siliwangi mencoba kendaraan tersebut yang di dampingi langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Ny. Suci Nugroho Budi Wiryanto.

“Lanjutkan karya inovasi dan terus sempurnakan, apalagi ini menggunakan kendaraan yang sudah tidak bisa digunakan, luar biasa,” ujar Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Pendam III/Siliwangi).

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Hadiri Pelantikan Pergantian Antar Waktu Anggota DPRD Provinsi Jambi

Berita Korem

Danrem Pimpin Sertijab Dandim 0417/Kerinci dan Danyonif Raider 142/KJ

Berita Korem

Danrem 042 Garuda Putih Pimpin Penyemprotan Disinfektan pada Fasilitas umum

Berita Korem

Kadispenad Pimpin Rakernispen TNI AD TA. 2021, Berharap Kinerja Penerangan TNI AD Semakin Profesional

Berita Korem

77 Putra Terbaik Jambi Lulus Mengikuti Pendidikan Tamtama PK TNI AD Gel II TA. 2020

Berita Korem

Mobil Dinas Kodim 0415/Bth dicegat Anak SD

Berita Korem

Akademisi Unja Dukung Rencana Korem 042/Gapu Sosialisasi Penerimaan Prajurit Karier Khusus Nakes TNI AD 2021

Berita Korem

Demi Kebersamaan, Warga Bagikan Nanas ke Satgas TMMD 110