oleh

Patroli Simpatik, Satgas Yonif Raider 142 Bagikan Sembako Untuk Warga Terdampak Pandemi Wabah Covid -19

-Yonif 142-115 views

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Penugasan menjaga keamanan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan suatu tugas yang mulia, serta menjaga amanah yang diberikan oleh Ibu Pertiwi tersebut dengan sebaik-baiknya. Tugas ini tercantum dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pada pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 tentang mengamankan wilayah perbatasan NKRI.

Dan kepercayaan itu saat ini diemban oleh Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ di sepanjang garis perbatasan Indonesia – Timor Leste yang terletak di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Kamis (11/6/2020).

Dikatakan Dansatgas, selain melakukan pengecekan terhadap patok batas negara, personelnya juga melakukan patroli keamanan guna mengantisipasi terjadinya kegiatan ilegal seperti penyelundupan dan pelintas batas yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi sesuai aturan yang berlaku.

“Kami selaku Satgas Pamtas sektor timur memiliki tanggung jawab di sepanjang garis perbatasan Negara Indonesia – Timor Leste sepanjang 122,8 kilo meter,” ungkapnya.

“Selain rutin melakukan patroli patok batas negara, kami juga melaksanakan patroli keamanan guna mengantisipasi kegiatan ilegal seperti penyelundupan dan pelintas batas negara yang tidak dilengkapi dokumen resmi,” jelasnya.

“Serta membantu Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka mencegah penyebaran wabah COVID – 19 di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, seperti yang dilakukan oleh salah satu pos di jajarannya yaitu Pos Lakmars yang dipimpin oleh Serda Bayu Satria.
Selain melakukan patroli, mereka juga membawa paket Sembako yang berasal dari sumbangan personel pos untuk diberikan kepada warga tidak mampu yang berada di pelosok perbatasan guna meringankan beban kesulitan di tengah pandemi wabah COVID – 19.

“Bantuan yang diberikan diharapkan dapat berguna bagi masyarakat untuk meringankan beban kesulitan di tengah pandemi COVID – 19,” tuturnya.

Dirinya berharap seluruh lapisan masyarakt dapat saling bantu membantu di tengan bencana wabah COVID – 19 yang terjadi saat ini.

Di tempat terpisah, salah seorang warga Desa Lakmaras Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur selaku penerima bantuan paket Sembako, Bapak Robertus (46) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah memberikan perhatian kepad warga di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste di tengah pandemi wabah COVID – 19.

“Saya sangat berterima Kasih sekali atas bantuan Sembako yang diberikan oleh personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/ KJ, pada saat kondisi COVID -19 ini sedikit membantu meringankan ekonomi keadaan keluarga kami,” tandasnya. (Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait