oleh

Peduli Kesehatan Lingkungan, Satgas Yonif R 142/KJ Bangun  MCK di Desa Asumanu

-Yonif 142-114 views

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Kepedulian Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ diwujudkan melalui pembangunan sarana MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) untuk masyarakat di Desa Asumanu Kecamatan Raihat Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/3/2020)

Dikatakan Dansatgas, pembangunan MCK yang dilakukan oleh personel Pos Asumanu berlangsung selama 9 hari, yang dimulai sejak hari Sabtu (22/2/2020) hingga hari Minggu (1/3/2020), tetapi baru diresmikan pada hari Sabtu (7/3/2020) oleh Kepala Desa Asumanu.

“Sebelum penugasan, para personel telah disiapkan dengan berbagai keahlian dan keterampilan guna mendukung tugas pokok,” ujarnya.

“Seperti tenaga pendidik, pertanian, pertukangan, kerajinan hingga keahlian dibidang mesin yaitu perbengkelan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Danpos Asumanu Sertu Teguh Riadi bersama 5 orang anggotanya serta dibantu 3 orang warga sekitar, mereka membangun sarana umum secara bergotong-royong.

“Selain itu, sarana MCK ini dibangun karena wujud kepedulian TNI dalam hal ini Satgas terhadap kesehatan lingkungan masyarakat yang berada di sekitar pos, serta hasil kerjasama antara Satgas dan pihak Desa Asumanu sehingga pembangunan MCK dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya.

“Pembangunan MCK sendiri didirikan dekat dengan bak penampungan air milik desa serta berada di dekat kantor Desa Asumanu, dengan tujuan agar semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawat sarana umum tersebut,” tambahnya.

Dirinya berharap, adanya kepedulian dari seluruh lapisan masyarakat di Desa Asumanu untuk menjaga serta merawat sarana umum berupa MCK tersebut.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Asumanu Bapak Gervasius Bau (52) dalam sambutannya pada peresmian MCK menyampaikan bahwa “pembangunan ini di prakarsai oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, untuk itu semua pihak diharapkan untuk dapat menjaga serta merawat sarana umum yang telah dibangun, dengan baik,” ucapnya.

“Semoga MCK ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kita harus tetap menjaganya agar dapat digunakan dalam waktu yang panjang,” harapnya. (penremgapu)

Komentar

Berita Terkait