KOREM 042 GARUDA PUTIH, – Jambi. Sebagai bentuk peduli dalam pelestarian lingkungan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli melakukan kegiatan yang berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan.

Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove.

Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Populer:  Dispenad Selenggarakan Pendidikan Multimedia untuk Tingkatkan Kemampuan Personel Penerangan

Hal itu disampaikan oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya setelah melakukan penanaman pohon mangrove di Fesa Sinar Kalimantan, Kecamatan Mendahara, Jum’at, (18/06/2021).

Kegiatan menanam bakau yang didampingi oleh Danramil 0419-01 MS dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting Cabang XXVI Tungkal Ulu serta unsur Fokopimcam Mendahara, Kades Sinar Harapan dengan tujuan utama sebagai pencegah abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai.

Populer:  Akibat Banjir, Babinsa Rantau Pandan Bantu Warga Angkat Barang

“Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa disekitar area itu” Terangnya disela-sela melakukan penanaman mangrove.

Menurutnya, saat ini sudah banyak lembaga dan elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan menanam mangrove, tujuannya tak lain untuk memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Populer:  Danrem 042/Gapu Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Rekrutmen Calon Tamtama PK Gelombang II TA 2021

Keberadaan ekosistem mangrove memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, disamping itu peran lainnya Mencegah Erosi Pantai, Mencegah Pemanasan Global, Mempengaruhi iklim dan cuaca, Menjaga Kualitas Air dan Udara, Pengembangan Kawasan Pariwisata.

Penanaman Mangrove kian di berdayakan sebab pohon Mangrove diyakini mempunyai sistem perakaran yang sangat kuat sehingga mampu meredam energi gelombang laut yang terjadi dan dapat menahan arus serta sedimen yang dibawa oleh gelombang.(penremgapu).

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *