LIVE TV
Kasrem 042/Gapu Hadiri Gelar Operasi Keselamatan Siginjai 2021 Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Pengurus Perbakin Provinsi Jambi Danrem 042/Gapu Hadiri Peresmian Kantor Polsek Tebing Tinggi Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi

Home / Yonif 142

Sabtu, 7 Maret 2020 - 11:47 WIB

Peduli Lingkungan, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Gotongroyong Bersama Warga

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Lingkungan yang bersih dan tertata rapi, membuat suasana menjadi nyaman dan tenteram, dan ini tentunya merupakan cermin atau simbol dari penghuninya yang berbudaya hidup bersih dan peduli akan lingkungan sekelilingnya. Agar suasana tersebut bisa terus terjaga dan terpelihara, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/kj melalui Pos Asulait bersama warga mengadakan Karya Bakti berupa gotong-royong pembersihan lingkungan Desa Umaklaran Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin,S.Sos,M.M melalui rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua,Kab. Belu NTT, Minggu (7/3/2020).

Dansatgas Letkol Inf Ikhsanudin menjelaskan bahwa Karya Bakti berupa gotong-royong yang dilakukan oleh personel kami yang berada di Pos Asulait merupakan salah satu bentuk kepedulian prajurit TNI akan kebersihan lingkungan sekitar desa agar tetap indah dan nyaman.

Kebersihan lingkungan merupakan suatu upaya menciptakan lingkungan sekitar yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan penyakit lainnya, semua ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah dan nyaman. “Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan atau pihak-pihak tertentu saja”. ucapnya.

Baca juga :  Putus Penyebaran Covid-19, Yonif 142 Semprot Cairan Disinfektan di Mako Satgas Pamtas

Kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain disiplin menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat, mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia juga plastik, mengutamakan naik kendaraan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi guna mengurangi polusi udara, giat menanam pohon dan tanaman lainnya, bijaksana dalam menggunakan sumber daya alam dan cara-cara positif lainnya.

“Selain bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman, kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong pembersihan lingkungan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan interaksi komunikasi dua arah dan kerjasama yang baik antara Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dan masyarakat perbatasan,” ungkap Ikhsanudin lebih lanjut.

“Sasaran kegiatan Karya Bakti berupa gotong-royong kebersihan lingkungan desa ini meliputi antara lain pembersihan pekarangan rumah warga, lingkungan rumah adat dan jalan-jalan menuju perkebunan serta fasilitas umum dalam menunjang aktifitas kegiatan warga sehari-hari,” paparnya.

Disela-sela kegiatan Karya Bakti gotong-royong pembersihan lingkungan, Bapak Domingus (43) selaku Kepala Desa Umaklaran mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Asulait atas kegiatan yang telah dilaksanakan.

Baca juga :  Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Terima Tim Peninjau dari Yonif RK 744

“Saya selaku Kepala Desa Umaklaran mewakili seluruh warga desa mengucapkan terima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI yang telah bekerjasama dengan masyarakat untuk menciptakan kebersihan di kampung kita ini,” ungkap Bapak Domingus.

Sementara itu Bapak Martin (35) warga Desa Asulait yang berprofesi sebagai petani juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Karya Bakti yang dilakukan bersama personel Pos Asulait.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan partisipasi bapak TNI dari Pos Asulait yang bersedia turut serta dalam kegiatan ini, mudah-mudahan kedepanya kegiatan seperti ini dapat berlanjut,” ucap Bapak Martin.

Di tempat terpisah Sertu Eko Susilo selaku Danpos Asulait menyampaikan tanggapannya atas kegiatan Karya Bakti yang dilakukan oleh personelnya bersama masyarakat Desa Asulait.

“Saya berharap semoga kegiatan Karya Bakti ini dapat memotivasi warga masyarakat yang tinggal di desa ini guna meningkatkan kepedulian tentang pentingnya kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal,” tandas Eko Susilo. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Sisihkan Rezeki, Personel Satgas Yonif Raider 142/KJ Bantu Warga Nanaenoe Di Tengah Wabah Covid -19

Yonif 142

Jelang Berakhirnya Penugasan Pamtas, Satgas Yonif Raider 142 Terima Penghargaan dan Musnahkan Barang Bukti

Yonif 142

Sinergitas TNI – Polri, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Cegah Meluasnya Wabah Covid-19

Yonif 142

Bapak Kasad Pertemukan Anggota Satgas Yonif Raider 142/KJ Dengan Keluarganya Melalui Program Live Event INews TV

Yonif 142

Ikut Cerdaskan Generasi Muda, Satgas Yonif R 142/KJ Sumbangkan Tenaga Pendidik di Perbatasan

Yonif 142

Kapolres Belu Apresiasi Luar Biasa dan Ucapkan Terima Kasih kepada Dansatgas Pamtas Yonif R 142 Atas Kerjasamanya

Yonif 142

Akhiri Kunjungan di Wilayah Korem Gapu,  Pangdam Bagikan Sembako Saat Sambangi Kompi Senapan A

Yonif 142

Satgas Yonif R 142/KJ Berikan Penyuluhan Kesehatan Tentang Demam Berdarah di Perbatasan