oleh

Peduli Sesamo, Anggota Satgas TMMD Bagikan Sembako Gunakan Sepeda Motor

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, membagikan paket sembako untuk warga yang secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19. Mereka membagikan sembako dengan mengendarai sepeda motor langsung ke rumah-rumah warga meskipun melintasi medan yang cukup sulit.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dandim 0419/Tanjab selaku Dansatgas, Letkol Inf Erwan Susanto, melalui pesan WhatsApp, Senin (20/07/2020).

Hari ini beberapa orang anggota kami melanjutkan penyaluran Paket Sembako dalam Program “Garuda Putih Peduli Sesamo” dengan menggunakan Sepeda Motor untuk menyasar warga miskin yang terdampak dari Pandemi Covid -19 yang tinggal di pelosok Desa yang sulit dijangkau di Dusun 1 Sungai Kapas Desa Labuhan Pring Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur.

Sejak merebaknya Corona, warga desa yang kebanyakan petani dan pekerja informal tidak mendapat penghasilan, sehingga menjadi rentan dalam kebutuhan pokoknya. “Kami tergerak hati untuk bisa berbagi dengan warga yang kurang mampu,” ujarnya.

Dia berharap warga yang secara ekonomi mampu bisa meringankan beban warga yang tidak mampu dan kehilangan penghasilan, ucapnya.

Disamping pemberian Paket Sembako, kita juga mensosialisakan kepada masyarakat tentang himbauan Pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan dalam menjalankan kenormalan baru atau new normal.

Dansatgas mengatakan bahwa protokol kesehatan menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas di masa pandemi Covid-19 ini. “masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, pakai masker,” ujarnya

Karena saat ini masyarakat diperbolehkan beraktivitas meski pandemi Covid-19 masih terjadi, maka protokol kesehatan menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Saat era new normal, protokol kesehatan menjadi kunci utama. “Ketika kita berkomunikasi, berkegiatan, maka menjaga protokol kesehatan menjadi sangat penting,” ujar Erwan.

“Masyarakat harus betul-betul disiplin, kalau tidak, bisa menimbulkan transmisi Covid-19 yang meningkat lagi,” katanya

Kedisiplinan itu dibutuhkan karena saat ini kasus Covid-19 di Tanah Air dikatakannya semakin bertambah. Melihat hal tersebut, menurut Erwan, maka era new normal pun sudah dapat dimasuki dengan kunci utama kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Lebih lanjut Dansatgas mengatakan meskipun di Desa Labuhan Pering belum ada warga yang positif terinveksi Covid-19, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. ”

Sambil membagi bahan pokok, kami tetap ingatkan warga untuk mengikuti peraturan, tetap tinggal di rumah, hindari kerumunan, jaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker jika bepergian, rajin mencuci tangan,” katanya.

Kepala Dusun 1 Sungai Kapas, Saripudin mengatakan bantuan tersebut sangat berarti bagi warganya di tengah kondisi saat pandemi seperti saat ini.

Sejauh ini warganya belum ada yang positif Corona. Kami bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu mengimbau warga agar tetap patuhi Protokol Kesehatan, agar warga masyarakat tetap menggunakan Masker dan menjaga jarak serta menjaga kebersihan. “Antisipasi kami lakukan, misalnya warga pendatang dari luar kota yang masuk, dikarantina selama 14 hari. Selama karantina kami juga pantau terus perkembangannya,” katanya.(Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait