LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Berita Korem / Dispenad / Kodam II/SWJ / TNI AD

Jumat, 11 Desember 2020 - 09:39 WIB

Prajurit Kostrad di Perbatasan RI-PNG Jaga Netralitas TNI Dalam Pilkada

JAKARTA, tniad.mil.id – Bagi prajurit TNI, sudah merupakan harga mati untuk netral dan tidak memihak pada salah satu Paslon, hal tersebut termaktub dalam Pasal 39 Ayat 2 Undang-Undang No.34 Tahun 2004 tentang TNI yang berbunyi prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 413/Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.Sos dalam keterangannya, Kamis (10/12/2020) mengungkapkan, sikap netralitas TNI juga dilakukan oleh prajurit TNI yang sedang melaksanakan penugasan operasi pengamanan perbatasan RI-PNG di Papua.

Baca juga :  Kasad Rotasi Pimpinan Tiga Jabatan Kepala Dinas di Jajaran TNI AD

Dansatgas menegaskan kepada seluruh prajuritnya untuk selalu berpegang pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta penekanan tentang netralitas TNI.

“Saya perintahkan agar seluruh pasukan bersiaga di Pos dan sewaktu-waktu ada perkembangan situasi terkait Pilkada, kita siap untuk bergerak sebagai perbantuan pengamanan terhadap Polri. Namun hal tersebut dilakukan atas perintah dari komando atas, ” ujar Anggun yang disampaikan kepada para komandan pos.

Menindaklanjuti arahan dari Dansatgas, Lettu Inf Bagus Dwi Hartanto selaku Komandan Kompi C yang juga menjabat sebagai Komandan Pos Yetti memberikan penekanan kepada anggotanya untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan.
“Hari ini saya briefingkan seluruh anggota agar betul-betul faham dengan kondisi wilayah Keerom yang saat ini melakukan pemilihan Kepala Daerah secara langsung. Sehingga anggota memahami tugas masing-masing dan tetap berpedoman pada netralitas TNI, “ tutur Bagus.
Dirinya mengingatkan personelnya untuk tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis maupun memberikan fasilitas dan sarana militer untuk Paslon yang sedang berkontestasi. (Dispenad)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Korem 042 Gapu Terima Sosialisasi Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD

Berita Korem

Danrem Gapu Bersama Prajurit Gowes Mengelilingi Kota Jambi

Berita Korem

Putus Sebaran Corona, Korem Garuda Putih Rutin Semprotkan Disinfektan

Berita Korem

Hari ke Dua, Korem Garuda Putih Fokus Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah Covid – 19

Berita Korem

Pantau Keamanan Malam Natal, TNI – Polri di Jambi Gelar Patroli Bersama

Berita Korem

Patroli Malam, Babinsa Imbau Warga Agar Patuhi Protokol Kesehatan

Berita Korem

Danrem 042 Gapu : Kami Siap Mendukung Pendisiplinan Protokol Kesehatan Menuju New Normal

Dispenad

Alhamdulillah, Hasil Swab ke – 2, Sebanyak 116 Pasien Secapa AD Dinyatakan Negatif