JAMBI, korem042gapu.mil.id – Rumah sakit TK. III 02.06.01 dr. Bratanata Jambi bekerja sama dengan Komisi Trauma Ikabi Sub Divisi Jambi kembali mengadakan pelatihan ATLS (Advanced Trauma Life Support) Periode ke-IV Full Onsite selama 2 hari mulai tanggal 2-3 Desember 2022 di Rumkit dr. Bratanata Jambi.

Karumkit TK.III 02.06.01 dr. Bratanata Jambi, Mayor Ckm dr. Fauzi Mustakman, Sp.B, MARS, mengatakan Advanced Trauma Life Support (ATLS) adalah sebuah program pelatihan bagi dokter dalam pengelolaan kasus trauma akut, yang dikembangkan oleh American College of Surgeons.

Populer:  Pesan Kasad  Kepada Pejabat Baru Agar Ada Terobosan dan Gebrakan Konstruktif

Kursus ATLS diselenggarakan dengan tujuan agar pasien-pasien trauma mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat dalam hitungan detik sehingga pasien dapat terselamatkan dan mempunyai angka harapan hidup yang lebih tinggi.

Dokter umum harus memiliki kemampuan Initial Assessment dan manajemen penangangan pasien yang tepat dan cepat dalam hitungan detik, ujar dr. Fauzi, saat membuka pelatihan, Jumat (2/12/2022).

Kegiatan ATLS Jambi Periode Ke-IV Desember 2022 diikuti sebanyak 33 dokter peserta ATLS reguler dari berbagai daerah.

Populer:  Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Korem 042/Gapu Gelar Garjas Periodik II TA 2021

Dalam pelatihan ATLS ini ditekankan pentingnya penanganan yang sistematis dan fleksibel yaitu ABCDE (Airway, Breathing, Circulation, Disability, Exposure) untuk pasien trauma, sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kecacatan korban trauma.

Kegiatan ATLS Jambi dilaksanakan selama 2 hari dengan pemberian materi oleh instruktur dan materi praktek (Surgical Skills station & Practical Skills Station)

ATLS Jambi Periode IV menghadirkan Kolonel Ckm dr. Aditya Wicaksana, Sp.BS sebagai Course Director, Dr. H.N. Nazar, Sp.B (K) Trauma., MHKes, FINACS sebagai CoCD, dan Instruktur-instruktur dokter spesialis bedah diantaranya dr. R.Deden Sucahyana, Sp.B, M.Kes yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Trauma Sub Divisi Jambi dan Ketua IDI Jambi, Dr. dr. Nizar, Sp.B., FINACS, Dr. dr. Ivan K. Bassar, Sp.B., FINACS, dr. Budi Justicia, Sp.OT, dr. Denisson, Sp.B, FINACS dan dr. Willy Marpaung, Sp.BA. (Penrem042gapu)

Populer:  Sukseskan Ketahanan Pangan, Babinsa Bersama PPL dan Poktan Turun Bersama Tanam Jagung
Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *