oleh

Sambut Hari Juang TNI AD di Jambi, TNI – POLRI Gowes Bersama Rakyat

JAMBI.korem042gapu.mil.id – Kapolda Jambi Irjen Pol Drs.Muchlis AS,M.H, didampingi Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, M.Sc.S.S melepas peserta Gowes TNI – POLRI bersama masyarakat dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 di Lapangan Mapolda Jambi, Sabtu, (14/12/2019).

Gowes tersebut diikuti lebih dari 1500 peserta dengan menempuh jarak lebih kurang 20 Km, dimulai dari Mapolda Jambi – Sp. Jelutung – Sp.Suranjana – Sp. Talang Banjar – Meranti -Persijam – Hotel BW Luxury – Tugu Adipura – Xaverius – Sp. Kebun Kopi – Asrama Haji – So Tugu Keris – Sp Pal V – Sp Kawat – Sp POM – Sp Pulai – Sp Tugu Pers – Unbari – Museum – Finish di Makorem 042/Gapu.

Hari Juang TNI AD diperingati setiap 15 Desember, ini sebelumnya bernama Hari Juang Kartika (dulunya Hari Infanteri).

Peringatan ini demi menghormati dan menghargai peran anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang gugur dalam Palagan Ambarawa.

Peran TKR sangat besar ketika mencoba mempertahanankan kedaulatan Indonesia. Pertempuran ini tidak bisa dihindari. Ambarawa menjadi salah satu wilayah pertempuran besar pada pertengahan Desember 1945. Perang ini berakhir pada 15 Desember 1945.

Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis, menyampaikan kegiatan sepeda santai ini diharapkan terus berlangsung karena bermanfaat untuk menyehatkan, menumbuhkan rasa bahagia, menguji fisik dan juga menjalin silaturahmi.

Adapun hadiah utama sepeda santai ini dengan hadiah doorprize berupa 1 unit sepeda motor dan 20 unit sepeda, 5 TV, 5 Kulkas serta hadiah hiburan berupa kipas angin, dispenser, kompor gas, setrika dan lain – lain sebanyak ±500 hadiah doorprize.

“Jangan pulang dulu, sayang sekali kalau tidak dapat doorprize,” sebutnya.

Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan, suatu kehormatan bagi Polda Jambi setiap kegiatan disinergikan, dengan sinergitas TNI – Polri dengan seluruh lapisan masyarakat akan menciptakan rasa aman apalagi dalam rangka menyambut perayaan natal dan tahun baru.

“Saya berharap kepada seluruh warga masyarakat Provinsi Jambi untuk memahami bahwa kita hidup dalam Pancasila kita harus menjaga kebersamaan menghormati nilai-nilai perbedaan menjaga kerukunan antar umat beragama,” ujar Kapolda.

Dan tetap menjaga kesehatan dengan berolah raga serta bisa menguatkan tali silaturahmi bagi masyarakat Jambi. “Sikap saling menghargai dan menghormati selalu terjaga dengan baik,” kata dia.

Saat peserta memasuki Finish di lapangan Makorem, Para peserta juga menikmati kegiatan Senam bersama serta menikmati sajian makanan tradisional.

Disela kegiatan Kapolda Jambi didampingi Danrem 042/Gapu, beserta Staf Ahli Gub Bid Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jambi, Kepala OJK Jambi beserta Ketua Yayasan Dian Mandiri Jakarta meninjau Stand Bakti Sosial dan Pasar Murah.

Hari Juang TNI AD merupakan hari Pengabdian TNI AD kepada masyarakat yang diwujudkan dalam kegiatan berupa Karya Bakti, Pasar Murah, pembagian Sembako, Donor Darah, serta Operasi Bibir Sumbing dan Sumbing langit-langit, Pengobatan Gratis dan Pembagian Kaca Mata Baca. (fds/penremgapu)

Komentar

Berita Terkait