LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Yonif 142

Minggu, 16 Februari 2020 - 01:56 WIB

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Bantu Perekonomian Warga Perbatasan Melalui Pelatihan Pembuatan Es Krim

Belu, korem042gapu.mil.id – Dalam rangka membantu peningkatan perekonomian masyarakat perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pelatihan tentang cara pembuatan es krim kepada warga yang berada di Dusun Turiscain Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Melihat kondisi daerah Dusun Turiscain Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur yang tergolong panas, personel Pos Turiscain berinisiatif memberikan pelatihan tentang cara pembuatan es krim, usaha es krim diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam peningkatan perekonomian warga setempat.

Kegiatan pelatihan cara pembuatan es krim kepada warga Dusun Turiscain dilaksanakan disalah satu rumah warga yang bernama Bapak Letto Manek (34), sehingga diharapkan warga tidak sungkan untuk menyaksikan dan mencoba langsung tentang cara pembuatan Es krim.

Demikian dikatakan Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas melalui Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Minggu (16/2/2020).

Menurut Ikhsanudin bahwa kegiatan pelatihan tentang cara pembuatan es krim di Desa Turiscain tersebut dipimpin langsung oleh Serda Munte selaku Wadanpos Turiscain bersama 5 orang personel Pos Turiscain lainnya.

Selain memberikan pelatihan tentang cara pembuatan Es krim kepada warga Dusun Turiscain, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat setempat dengan modal yang sederhana dan cara pembuatan yang tidak sulit.

Baca juga :  Satgas Yonif Raider 142/KJ Mendapat Kunjungan Dari Dankolakops Pamtas RI-RDTL

“Es Krim hendaknya menjadi salah satu solusi yang menjanjikan dalam peningkatan ekonomi serta dapat meminimalisir pengeluaran biaya hidup apabila di konsumsi sendiri dalam lingkup rumah tangga,” kata Letkol Inf Ikhsanudin.

Personel Pos Turiscain peduli terhadap kondisi ekonomi warga Dusun Turiscain dan diharapkan dapat lebih mempererat hubungan tali silaturahmi yang terjalin sangat baik selama ini, sehingga diharapkan dapat lebih memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” tegas Letkol Inf Ikhsanudin.

Bertempat di kediamannya, Ibu Agnes (34) isteri Bapak Letto Manek memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada personel Pos Turiscain yang selalu memberikan pengetahuan baru melalui ide-ide kreatif, demi kemajuan warga masyarakat di perbatasan.

“Kehadiran bapak-bapak TNI sangat membantu masyarakat di sini, dan mereka selalu peduli dengan lingkungan sekitarnya,” ucap Agnes.

Sementara itu, Sdr. Jhon Manek (20) salah seorang pemuda yang ikut menyaksikan pembuatan es krim tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas ide kreatif yang telah ditunjukkan oleh personel Pos Turiscain.

Baca juga :  Mengabdi Ditengah Pandemi Covid -19, Satgas Yonif R 142/KJ Ajari Warga Perbatasan Cara Membuat Cairan Disinfektan

“Terima kasih abang TNI yang telah mengajarkan kami tentang cara pembuatan es krim, semoga ini merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan ekonomi warga di perbatasan,” tutur Jhon Manek.

Terpisah, Serda Munte selaku personel Pos Turiscain mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ terhadap warga masyarakat di Desa Maumutin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan meminimalisir pengeluaran mereka, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Pos Turiscain yang berada di tengah-tengah lingkungan Desa Maumutin sehingga kami harus selalu siap untuk membantu warga dengan selalu memberikan pemikiran-pemikiran baru demi kemajuan masyarakat di wilayah perbatasan,” ucap Munte.

“Ide-ide kreatif yang kami berikan kepada warga adalah bukti kedekatan Pos Turiscain dengan masyarakat Desa Maumutin, kegiatan ini adalah contoh kecil wujud pengabdian TNI di medan penugasan sehingga terjalin kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah perbatasan RI-RDTL, karena Rakyat merupakan ibu kandung TNI,” tambah Munte.

“Tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga masyarakat di wilayah perbatasan, tetapi kami juga berkewajiban untuk selalu peduli terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Maumutin,” tandas Munte. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Satgas Yonif Raider 142/KJ Mendapat Kunjungan Dari Dankolakops Pamtas RI-RDTL

Yonif 142

Gunakan Vicon, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142 Terima Arahan Dari Asops Kasdam II/Swj Terkait Wabah Pandemi Covid-19

Yonif 142

Satgas Yonif R 142/Kj Gagalkan Upaya Penyelundupan Tembakau Keluar Negeri

Yonif 142

Pos Solore Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Hadiri Musyawarah Penyelesaian Masalah Tanah di Desa Tulakadi

Yonif 142

Sambut Hari Juang Kartika, Satgas Yonif Raider 142/KJ Bersama Puskesmas Wedomu Gelar Pengobatan Gratis

Yonif 142

Akhiri Tugas Mulia, Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Pamitan Ke Bupati Belu

Yonif 142

Wisata Foto dengan Fasilitas Hotspot Internet Gratis Diciptakan Satgas Yonif R 142/KJ di Perbatasan

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bersama Warga Bangun Irigasi Baru di Maumutin